“simiyo” Mobile Game Sebagai Media Publikasi Dalam Memberikan Kesadaran Lingkungan Tentang Keselamatan Penyu Di Konservasi Penyu Pacitan
Abstract
Pelestarian lingkungan hidup merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup di sekitarnya, oleh karena itu, untuk menanggulangi kepunahan penyu pemerintah Indonesia membentuk banyak lembaga konservasi penyu, salah satunya adalah Konservasi Penyu Pacitan. Konservasi Penyu Pacitan melakukan berbagai kegiatan sebagai bentuk penanggulangan kepunahan penyu dengan melalui penyuluhan tentang keselamatan dan habitat penyu. Terdapat beberapa cara yang sudah dilakukan diantaranya adalah penyuluhan yang dilakukan secara langsung dan edukasi mengenai penyu melalui website, namun kedua cara tersebut belum mencapai hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, dibutuhkan penyuluhan dengan menggunakan media teknologi agar penyebaran informasi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan interaktif. Pada penelitian ini, peneliti melakukan kerja praktek di Arkode Studio (Android Game Studio) dan menyarankan untuk menggunakan media seperti Mobile Game sebagai sebuah solusi. Game tersebut dapat menampilkan fakta, data dan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penyu, antara lain: siklus hidup penyu, undang-undang yang mengatur keselamatan penyu, cara mengamati penyu bertelur, cara merawat penyu dan masih banyak hal lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah game siMiyo, yang merupakan salah satu game yang dirancang, dibuat dan mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap penyu dan mampu meningkatkan empati kita dalam melestarikan penyu. Ini adalah salah satu solusi yang tepat untuk dapat meningkatkan kemauan dalam melestarikan penyu.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bethke, E. (2003). Game Development and Production. In Wordware publishing (Vol. 2003).
FinalRedemption.com. (2007). Pixel Artist’s Beginner Booklet. In Copyright © 2007 Alex Hanson-White. http://www.alexhw.com/pabbc2.pdf
Government of Indonesia, K. M. L. H. dan K. (2022). Rencana Operasional Indonesia’s FOLUS Net Sink 2030.
Ibadur RahmanChandrika Eka Larasati, Ayu Adhita Damayanti, S. G. (2021). PENYULUHAN MENGENAI OPTIMALISASI UPAYA PELESTARIAN PENYU DI PANTAI MAPAK INDAH, KELURAHAN JEMPONG BARU, KECAMATAN SEKARBELA. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 8(1), 134–142.
Indonesia, W. (2002). WWF Indonesia 1962 – 2002. In WWF.
Ismane, M. A., Kusmana, C., Gunawan, A., Affandi, R., & Suwardi, S. (2018). Keberlanjutan Pengelolaan Kawasan Konservasi Penyu Di Pantai Pangumbahan, Sukabumi, Jawa Barat. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(1), 36–43. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.1.36-43
Jemarut, W., B, K. W., & Sari, D. P. (2021). Upaya Perlindungan Penyu Di Kawasan Ekosistem Esensial Koridor Penyu Pantai Kuranji , Lombok Barat. Jurnal Hutan Dan Masyaraka, 13(1), 64–73. https://doi.org/10.24259/jhm.v13i1.11709
Laut, D. K. dan K. H. (2020). B_Rencana Aksi Nasional Konservasi PENYU (1).pdf.
Pastikan teman-teman Anda konservasi yang penting dan, (2022).
McShaffry, M. (2012). Game Coding Complete, Fourth Edition. http://books.google.com/books?id=HWYKAAAAQBAJ&pgis=1
Nurdin. (2014). Pengaruh Metode Penyuluhan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pengetahuan Berwawasan Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 201–206.
Pauleen, D., Campbell, J., Harmer, B., & Intezari, A. (2015). Making Sense of Mobile Technology: The Integration of Work and Private Life. SAGE Open, 5(2). https://doi.org/10.1177/2158244015583859
Pressman, R. S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. https://doi.org/10.1145/336512.336521
Prihajatno, D. R. (2022). UPAYA KONSERVASI PENYU LEKANG ( Lepidochelys olivacea ) DI WILAYAH KONSERVASI EDUKASI MANGROVE DAN PENYU PANTAI CEMARA , BANYUWANGI , JAWA TIMUR TURTLE CONSERVATION EFFORT IN CEMARA BEACH MANGROVE AND. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 14(1), 1–10.
Purnomo, E., Pangarsa, N., Andri, K. B., & Saeri, M. (2015). Efektivitas Metode Penyuluhan Dalam Percepatan Transfer Teknologi Padi Di Jawa Timur. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep), 1(2), 191–204. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2124/1259
Rabin, S. (2021). Introduction To Game Development. https://dev.to/fkkarakurt/introduction-to-game-graphics-3l89
Raden Ario, Edi Wibowo, Ibnu Pratikto, S. F., & Departement. (2016). Pelestarian Habitat Penyu Dari Ancaman Kepunahan Di Turtle Conservation And Education Center (TCEC), Bali. Jurnal Kelautan Tropis, 19(1), 60–66.
TAPSENSE. (2014). A Complete Guide to Mobile Marketing for 2014 Table of Contents.
Wicaksono, M. A., Elfidasari, D., & Kurniawan, A. (2013). Aktivitas Pelestarian Penyu Hijau ( Chelonia mydas ) di Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan Sukabumi Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Sains, Dan Teknologi, 4(November 2013), B116–B123.
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v10i2.8345
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indra Gamayanto, Ardiawan Bagus Herisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)