Kolaborasi Teori Nielsen dan System Usability Scale (SUS) Usability Game Lokapala
Abstract
Lokapala adalah salah satu game dengan genre MOBA yang dibuat oleh pengembang game Indonesia, Game ini mulai di kenalkan pada tahun 2020 bulan februari dalam versi beta dan versi lengkapnya di bulan Mei. Akan tetapi rating yang diberikan oleh para pemain melalui aplikasi unduh Googleplay kurang baik terutama pada usability yang dimiliki sehingga diperlukan penelitian untk game Lokapala yang dapat memberikan umpan balik yang baik untuk pembuat game khususnya game dengan jenis MOBA. Pada penelitian ini penulis menggunakan kolaborasi teori Nielse (Nielsen, 2012) dan System Scale Usability (SUS) (Sauro, 2011), penelitian ini dibagi menjadi 4 tahapan. Diharapkan dengan kolaborasi dari Teori Nielsen dan System Usability Scale dapat menghasilkan gambaran mengenai bagaimana interaksi antara pemain game Lokapala dengan user interface game Lokapala. Hasil yang didapat adalah Game Lokapala memiliki usability yang baik dari segi Learnability, Memorability, Error, namun perlu meningkatkan kualitas game pada bagian yang komplek sehingga membuat Efficiency dan Satisfaction meningkat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chammas, A., Quaresma, M., & Alvão, C. M. (2015). A Closer Look On The User Centred Design. 6th International Conference on Applied Human Factors and Ergonomics (AHFE 2015) and the Affiliated Conferences, AHFE 2015 (pp. 5397 – 5404). Las Vegas, Nevada: Elsevier B.V. doi:10.1016/j.promfg.2015.07.656
Chen, Y.-H., Rorissa, A., & Germain, C. A. (2015). Usability Definitions in a Dynamically Changing Information Environment. Scholars Archieve, 15(4), 601-621. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/230537055.pdf
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016, Februari). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI, 02(01), 49 - 55.
Lewis, J. R., & Sauro, J. (2018, May). Item Benchmarks for the System Usability Scale. Journal of Usability Studies, 13(3), 158 - 167. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/330225055_Item_Benchmarks_for_the_System_Usability_Scale
Nielsen, J. (2012, January 3). Usability 101: Introduction to Usability. Retrieved from Nielsen Norman Group: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/
Oktarini, D. S., & Rachmanta, R. D. (2020, Mei 29). Review Game Lokapala, MOBA Pertama Buatan Anak Bangsa. Retrieved Agustus 5, 2021, from Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2020/05/29/151101/review-game-lokapala-moba-pertama-buatan-anak-bangsa?page=all
Sauro, J. (2011, February 3). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Retrieved from Measuring U: https://measuringu.com/sus/
DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i1.6074
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Auria Farantika Yogananti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)