Proses Pembelajaran Kesenian Hadrah di Taman Kanak-kanak Al Qur’an – Taman Pendidikan Al Qur’an Ar Rahman
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan aspek musik dalam kesenian hadrah yang berperan untuk melatih kemampuan musikal anak-anak, serta mengetahui karakteristik musik hadrah melalui hasil transkripsi sampel lagu. Subjek penelitian adalah anak-anak atau para santri di TKA-TPA Ar-Rahman yang bertempat di Desa Bopongan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses yang dilakukan dalam pembelajaran musik hadrah yaitu dengan memperkenalkan instrumen, membagi para santri dengan instrumen yang sesuai, melatih pola pukulan, melatih syair, dan menggabungkan kelompok instrumen dengan kelompok penyanyi. Kegiatan kesenian hadrah juga dapat melatih kemampuan musikal anak-anak, ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada para santri dalam memahami materi dan memainkan musik hadrah. Musik hadrah memiliki peran untuk melatih kemampuan musikal anak yang mencakup pemahaman mengenai ritmis, tempo, nada, lirik (syair), hingga bentuk penyajian musik ensambel.
Kata kunci: Musik, Pembelajaran, Hadrah
Abstract
This study aims to determine the learning process and aspects of music in hadrah art that play a role in training children's musical abilities and knowing the characteristics of hadrah music through the transcription of song samples. The research subjects are the children or students at TKA-TPA Ar-Rahman Bopongan Village, Banguntapan District, Bantul Regency. The research method used is qualitative with a case study approach. The data collection techniques are through observation, interviews, and documentation. The results showed that the process carried out in hadrah music learning was by introducing musical instruments, dividing the students with suitable instruments, practising rhythmic patterns, practising lyrics (poems), and combining the instrument group with the singer group. Hadrah art activities can also train children's musical abilities, indicated by increased students' understanding of the material and playing hadrah music. Hadrah music has a role in training children's musical skills, including understanding rhythm, tempo, tone, lyrics (poems), and ensemble music presentation.
Keywords: Music, Learning, Hadrah
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (A. Fawaid and R. K. Pancasari, Trans.). Pustaka Pelajar. (2010).
Djohan, D. (2013). ‘Kemampuan Musikalitas Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Sosial’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), pp. 111–129. doi: 10.21831/pep.v13i1.1405.
Djohan, D. (2020). Psikologi Musik. PT Kanisius.
Indrawan, A. (2010). Selawatan pada kultur dan subkultur pesantren tradisional. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Indrawan, A. (2018). ‘Musikologi Indonesia’. BP ISI Yogyakarta.
Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam- Majelis Ulama Indonesia. (2021). Prinsip dan Panduan Umum Seni Islami. Buku Republika.
Miller, H. M. (2017). Apresiasi Musik. (T. Bramantyo, Trans.). Thafa Media Yogyakarta. (1970).
Nettl, B. (2019). Teori dan Metode dalam Etnomusikologi. (Nathalia H.P.D. Putra, Trans.). Ombak. (1964).
Nirwanto, B. (2015). Aransemen musik Hadroh Nurul Ikhwan di Kabupaten Pemalang, Jurnal Seni Musik, 4(1), pp. 29–39.
Yetti, E. & Khairia, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), pp. 226–237. doi: 10.21009/jpud.112.03.
DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v11i2.9003
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.