Proses Produksi Musik Latar “Maleo Tidak Sendiri” dalam Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka 2023 di PT. Selingkar Literasi Sayang Keluarga
Abstract
Dunia pendidikan tinggi di tanah air mengalami perubahan paradigma sejak diselenggarakannya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) adalah salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja nyata. Artikel ini mendeksripsikan proses produksi luaran dari Kegiatan MSIB 2023 yang dilakukan di PT. Selingkar Literasi Sayang Keluarga (Mitra PT. Sebangku Jaya Abadi). Musik Latar “Maleo Tidak Sendiri” disusun berdasarkan penugasan Peserta Program MSIB 2023 yaitu Produser Musik. Musik disusun sebagai musik latar untuk Project Motion comic berjudul Maleo Tidak Sendiri yang diproduksi oleh Yuniar Khairani, penulis naskah segaligus Kepala Divisi Kreatif PT. Selingkar Literasi Sayang Keluarga. Penelitian menggunakan metode artistik dengan pendekatan Practice Based Research. Tahapan penelitian yaitu: perancangan, pengadaptasian, uji-coba, dan penerapan. Hasil penelitian menunjukkan adanya manfaat dari program MSIB yaitu menjembatani kesenjangan antara pembelajaran akademis dan penerapan dunia nyata dengan memungkinkan individu untuk mengembangkan keterampilan di bidang produksi musik. Program MSIB juga memungkinkan penulis menjalin hubungan dengan profesional, mentor, dan sesama peserta magang.
Kata kunci: Musik latar, Maleo Tidak Sendiri, Motion comic, Practice Based Research, Produksi Musik
Full Text:
PDFReferences
Candy, L. (2006). Practice Based Research: A Guide. CCS Report, 1(2), 1–19.
Dallow, P. (2003). Representing Creativeness: Practice-Based Approaches to Research in Creative Arts. Art, Design & Communication in Higher Education, 2(1), 49–66.
Davis, R. (2010). Complete Guide to Film Scoring: The Art and Business of Writing Music for Movies and TV. Hal Leonard Corporation.
Firmansyah, E. H. (2021). Dragonflight Sebagai Musik Latar Video Game (Tinjauan Estetika). Repertoar, 2(1).
Gunawan, F. R., Mumtaza, A., Firdaus, A. R., Swara, L. P., Kustap, K., Haura, A. S., Nugroho, T. S. A., Mukti, B. P. B., Wardoyo, R. N., & Kusumaningrum, M. R. M. (2023). Gandara: Antologi Artikel Mahasiswa MBKM Program Studi Musik 2022-2023. Buku Litera.
Maharsi, I. (2018). Penciptaan Motion Comic Wayang Beber Jaka Kembang Kuning. DeKaVe, 11(1), 17–23.
Michael Biggs, & Henrik Karlsson. (2010). The Routledge Companion to Research in the Arts. In Routledge. Routledge.
Nugroho, T. D. S. (2024). Produksi Musik Digital Dalam Kurikulum Pembelajaran Smk Seni Musik. SENDIKRAF Jurnal Pendidikan Seni Dan Industri Kreatif, 5(1), 25–31. https://doi.org/10.70571/psik.v5i1.130
Nurhaliza, & Kustap. (2023). Musik Platform Pembelajaran Berbasis Gamifikasi “Marica” sebagai Luaran Magang MSIB 2023. Jurnal Ekspresi, 12(2). https://doi.org/10.24821/ekp.v12i2.11521
Thomas, C. (2017). Composing Music for Games. Routledge.
DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i1.12397
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.