Studi Historis Komparatif Desain Panel pada Komik Indonesia (Studi Kasus: Komik Ramayana Karya RA Kosasih Dan Komik The Grand Legend Ramayana Karya Is Yuniarto)

Fia Royyana

Abstract


Komik merupakan gambar dan lambang yang terjuktaposisi dalam urutan tertentu, digunakan untuk menyampaikan pesan dan tanggapan estetis dari pembacanya. Kekuatan media komik dalam menyampaikan pesan berkaitan erat dengan elemen-elemen visual di dalamnya. Salah satu elemen visual yang mempengaruhi pengalaman membaca komik adalah desain panelnya. Komik indonesia mempunyai sejarah yang amat panjang. Di tengah gempuran komik-komik asing, muncul satu genre endemik asli Indonesia yang disebut dengan komik wayang. Salah satu komik wayang yang populer di era tahun 1950an adalah Ramayana karya RA Kosasih. Di sisi lain, komik wayang modern juga muncul baru-baru ini dan sangat diminati, salah satu yang terkenal adalah komik berjudul The Grand Legend Ramayana. Komik ini merupakan komik wayang yang terinspirasi cerita Ramayana karangan Is Yuniarto yang terbit mulai tahun 2015 dan berlanjut hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasi desain panel dari komik Ramayana karya RA Kosasih dan komik The Grand Legend Ramayana karya Is Yuniarto, sekaligus untuk melihat studi historis komparatif dari kedua komik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode historis komparatif yang mengutamakan aspek waktu dalam lintasan sejarah. Perbandingan antara periode waktu yang berbeda dilakukan untuk melihat adanya perkembangan dan pengaruh sosial yang terjadi. Pendekatan teori komik dari Scott McCloud digunakan dalam mengkomparasikan desain panel kedua komik tersebut. Hasil kajian menunjukkan bahwa desain panel komik Ramayana karya RA Kosasih mendapatkan pengaruh dari komik strip dan buku-buku komik terbitan Amerika di zamannya. Di sisi lain, desain panel komik The Grand Legend Ramayana mendapatkan pengaruh yang kuat dari manga atau komik Jepang yang sedang populer di masa kini.

Keywords


Komik; Panel; Parit; Ramayana; The Grand Legend Ramayana

References


Bajraghosa, T. (2019). Rekonstruksi Tokoh Wayang Ramayana Pada Komik Seri H2O:Reborn Karya Sweta Kartika. DeKaVe, 11(1).

DOI:https://doi.org/10.24821/dkv.v11i1.2487

Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Hasian, I., & Mardika, A. S. (2017). Pengaruh Komik Asing terhadap Visualisasi Perkembangan Komik di Indonesia. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 1(01).

DOI:https://doi.org/10.61344/magenta.v1i01.7

Iktia, G. (2018). KAJIAN KOMPARATIF HISTORIS FILM “PENGABDI SETAN.” Jurnal Budaya Nusantara, 2(1).

DOI:https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol2.no1.a1712

IRM, D. E. (2016). GAYA MANGA DALAM KOMIK GARUDAYANA KARYA IS YUNIARTO. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(3).

DOI:https://doi.org/10.33153/dewaruci.v8i3.1133

Karyanta, N. A., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2020). Menggunakan metode historis komparatif dalam penelitian psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2).

DOI: https://doi.org/10.7454/jps.2020.15

Kosasih, RA. (2000). Ramayana (Vol. 1). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: KATA BUKU.

Maharsi, I. (2014). Komik: Dari Wayang Beber sampai Komik Digtal. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Mataram, S. (2016). Bahasa Rupa Komik Wayang Karya R.A. Kosasih. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 13(1).

McCloud, S. (2001). Memahami Komik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

McCloud, S. (2007). Membuat Komik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Poerniawan, F. N., Hagijanto, A. D., & Christianna, A. (2015). Analisis Visual Figur Rama Di Komik the Grand Legend Ramayana. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 2(7).

Sopiyanti, D. H., Restu, B., Prodi, A. J., Komunikasi, D., Teknik, V.-F., & Desain, D. (2021). Analisis Konsep Dan Gaya Visual Komik “Sri Asih Vs Si Seribu Mata.” 8, 1.

Widy, M., Mansoor, A. Z., & Haswanto, N. (2015). Kajian Visualisasi Karakter dalam Seri Komik Garudayana. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 5(2).

DOI:https://doi.org/10.5614/jkvw.2013.5.2.4

Yuniarto, I. (2015). The Grand Legend Ramayana. Jakarta: PT. WAHANA INSPIRASI NUSANTARA.




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v17i2.13849

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats