Dinamika Kekuasaan dan Kepentingan dalam Industri Komik Indonesia: Pendekatan Teori Produksi Kultural Pierre Bourdieu

Sindu Lintang Ismoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan memprediksi dinamika produksi seni dalam industri komik Indonesia dengan menggunakan perspektif teori arena produksi kultural oleh Pierre Bourdieu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menekankan pencarian deskripsi yang mendalam dan bermakna. Hasil analisis menunjukkan bahwa teori arena produksi kultural Bourdieu memberikan wawasan tentang dinamika kekuasaan dan kepentingan dalam industri komik Indonesia. Pertarungan antara agen dan produsen mencerminkan tegangan antara berbagai jenis modal (ekonomi, budaya, sosial, dan simbolik) yang digunakan untuk memengaruhi posisi dan kekuasaan dalam industri ini. Komikus dan penerbit berinteraksi dalam struktur industri yang kompleks, dan karya mereka tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi sosial tetapi juga berpotensi mempengaruhi kondisi tersebut. Temuan ini menegaskan relevansi teori Bourdieu dalam memahami dinamika produksi seni di Indonesia, khususnya industri komik

Keywords


arena produksi kultural, industri komik Indonesia, Pierre Bourdieu

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.

Bourdieu, Pierre. (1986). The Form of Capital, dalam J. Richardson, Handbook of theory and research for the Sociology of Education. New York: Greenwood Press.

Bourdieu, Pierre. (2010). Arena Produksi Kultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bourdieu, Pierre. (2011). Choses Dites: Uraian dan Pemikiran. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Bourdieu, P. (2020). Pertanyaan-Pertanyaan Sosiologi. IRCiSoD.

Cahyono, B. E. (2021). Strategi Tekstual Wiji Thukul dalam Kontestasi Simboliknya Di Arena Sastra Indonesia: Studi Arena Produksi Kultural Pierre Bourdieu. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Callinicos, Alex. (2004). Making History. Netherlands: Brill.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 34.

Jenkins, Richard. (1992). Pierre Bourdieu. London: Routledge

Jenks, Chris. (2010). Membaca Pemikiran Bourdieu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, Ahyar Yusuf. (2014). Postmodernisme, Teori dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo.

Mustikasari, Mega. (2023). Pemikiran Pierre Bourdieu dalam Memahami Realitas Sosial. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA).

Nilofar, N. (2020). Arena Produksi Kultural Komunitas Pelangi Sastra Malang. Jurnal Alayasastra, 16(1), 119-133.

Nurnazmi, S. K. (2023). Anatomi Teori Pierre Bourdieu Pada Sosiologi Postmodern. Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Purwanto, A. (2021). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Robert C. Bogdan, S. K. (1998). Qualitative research for education : an introduction to theory and methods. Boston: Allyn and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v17i1.12502

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats