Perancangan Buku Cerita Bergambar sebagai Upaya Pengembangan Media Literasi Anak dengan Hambatan Pendengaran
Abstract
Literasi lingkungan merupakan kemampuan individu yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan motivasi terhadap pencegahan serta penanggulangan masalah lingkungan. Anak dengan hambatan pendengaran merupakan bagian dari kelompok masyarakat berbahasa isyarat yang memanfaatkan indera visual dan gestur untuk berkomunikasi karena keterbatasannya dalam memproses informasi auditif. Perancangan ini bertujuan untuk menguraikan konsep dan visualisasi estetis buku cerita bergambar sebagai upaya pengembangan media literasi anak dengan hambatan pendengaran usia 10-13 tahun yang dilengkapi dengan visual gestur kosaisyarat. Pengumpulan data dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan perancangan menggunakan metode penciptaan desain dalam praktik visual Hawkins yang dimodifikasi oleh Soedarsono, melalui tahap eksplorasi, eksperimentasi, perwujudan, dan evaluasi. Buku cerita bergambar berjudul “Aksiku untuk Bumi” ini merupakan kumpulan ilustrasi kartun yang dibuat dengan teknik digital painting berisi contoh kebiasaan hidup ramah lingkungan, dilengkapi dengan fitur visual gestur kosaisyarat dan didukung dalam Graphic Interchange Format yang dapat diakses dengan memindai QR code. Adapun media pendukungnya adalah mainan edukatif berupa lembar aktivitas menempel sebagai simulasi memilah sampah. Buku ini membantu meningkatkan minat dan antusiasme anak dengan hambatan pendengaran dalam aktivitas literasi, menambah pengetahuan tentang masalah lingkungan hingga solusi sederhana dalam keseharian, menjadi referensi untuk mulai menerapkan kebiasaan hidup ramah lingkungan sekaligus sebagai media interaksi dengan orang dengar dan menambah penguasaan kosaisyarat keduanya. Penggunaan media menjadi lebih optimal dengan bimbingan orang tua atau guru. Perancangan ini harapannya dapat dikembangkan menjadi beberapa seri lanjutan dengan tema beragam, didukung fitur visual gestur kosaisyarat format 3D agar lebih jelas dan akurat, juga dilakukan eksplorasi strategi kreatif perancangan media literasi untuk anak berkebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artikel Jurnal
Arnawa, N. (2022) Literasi Membaca Anak Berkebutuhan Khusus: Upaya Peningkatan Kapasitas Berpikir Kritis dan Logis. Seminar Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Pedalita II).
Saraswati, D. A., Towidjojo, V. D., & Hasanuddin. (2022). Bahasa Isyarat Indonesia. Medical Profession (MedPro), 4. https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/medpro/article/view/582
Buku
Anggraini, L., & Nathalia, K. (2020). Desain Komunikasi Visual (I. Fibrianti (ed.)). Nuansa Cendekia.
Kirk, S., Callagher, J. J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. (2009). Educating Exceptional Children (Twelfth Ed). Cengage Learning.
Sasetyaningtyas, D. (2019). Sustaination: Zero Waste Bukan Hanya Tentang Mengganti Sedotan Plastik (S. D. Sandrawulandari (ed.)). Metagraf.
Rustan, S. (2019b). Warni. Batara Imaji.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian
Udayani, K. (2019) Pengembangan Bahan Ajar Lingkungan di Bali Berbasis Kearifan Lokal Tumpek Wariga untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia
Saraswati, D. A., Towidjojo, V. D., & Hasanuddin. (2022). Bahasa Isyarat Indonesia. Medical Profession (MedPro), 4. https://jurnal.fk.untad.ac.id/index.php/medpro/article/view/582
Informan
Hendrani. A. (2023). Kepala Sekolah SLB-B Sumbersari Bandung
Mulyani, Y. (2023). Guru dan Wakil Kepala Sekolah SLB-B Sumbersari Bandung
Khairani, Yuniar. (2023). Penulis buku cerita anak di PT. Selingkar Literasi Sayang Keluarga
Trivita, Diana. (2023). Ilustrator buku cerita anak di PT. Selingkar Literasi Sayang Keluarga
Webtografi
SIPSN. (2022). Capaian Kinerja Pengelolaan Sampah. Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
DOI: https://doi.org/10.24821/dkv.v17i1.11117
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.