PERANCANGAN KASULA DAN STOLA DENGAN IDE PENGGAMBARAN GORGA BATAK TOBA MELALUI TEKNIK BATIK TULIS
Abstract
The background of the design of the chasuble and stole with the idea of the Toba Batak Gorga is the widest opportunity given by the Roman Chatolic Church based in Rome to decorate the Eucharistic ceremonial equipment with the characteristics of each region, without leaving the symbolism that has been determined. The study was conducted at the Saint Anthony of Padua Chatolic Church in Tiga Dolok North Sumatra. Using a design method that goes through visualization, the idea of symbolic drawing is taken from the typical ornaments of the Toba Batak tribe, namely Gorga dan completed with hand-drwan batik thecniques colored with synthetic dyes remasol. The result is a cotton chasuble and stole, with a depiction of a Gorga that shows it’s character in three colors: black, red and white, known as tiga bolit.
Latar belakang perancangan kasula dan stola dengan ide penggambaran Gorga Batak Toba ini adalah adanya kesempatan seluas-luasnya yang diberikan oleh Gereja Katolik yang berpusat di Roma untuk menghias perlengkapan Upacara Ekaristi dengan ciri khas daerah masing-masing tanpa meninggalkan perlambangan yang selama ini sudah ditentukan. Penelitian dilakukan di Gereja Katolik Santo Antonius Padua Tiga Dolok Sumatera utara. Menggunakan metode perancangan desain yang melalui tahap konsep hingga visualisasi, ide penggambaran simbol diambil dari ornamen khas suku Batak Toba, yakni Gorga dan diselesaikan dengan teknik batik tulis yang diwarnai dengan zat pewarna sintetis remasol. Hasilnya berupa stola dan kasula berbahan katun, dengan penggambaran gorga yang menonjolkan karakternya berupa tiga macam warna: hitam, merah, dan putih yang dikenal sebagai tiga bolit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Lukefahr, O. & Shakti, V. P. 2014. Mengungkap Misteri dan Rahasia Misa Katoilik: Luman Deo
Ramadhan, I. 2013. Cerita Batik. Tangerang Selatan: Literati
Rizali, N. 2006. Tinjauan Desain Tekstil. Surakarta: UNS Press
Rizali, N. 2012. Metode Perancangan Tekstil. Surakarta: UNS Press
Windhu, I. Marsana. Bina Iman Liturgi 4 Mengenal Peralatan, Warna, dan Pakaian Liturgi: KANISIUS
Yudhoyono, A. B. 2013. Batikku Pengabdian Cinta Tak Berkata. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sumber Lain :
Panggabean, S. & Lestari, F. D. 2015. “Strategi Pemberdayaan Bahasa Lokal Demi Pelestarian Budaya Bangsa dan Upaya Penguatan Jati Diri”, PROSIDING Seminar Nasional Bahasa Ibu Magister dan Doktor Linguistik Fakultas Sastra dan Budaya, Program Pascasarjana, Universitas Udayana
Siburian, T. P. 2017. “Makna Simbolik Ornamen Gorga Budaya Batak Toba”, Skripsi, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta
Jurnal
Panjaitan, M.P. & Sundawa, D. 2016. ”Pelestarian Nilai-Nilai Civic Culture dalam Memperkuat Identitas Budaya Masyarakat: Makna Simbolik Ulos dalam Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat batak Toba di Sitorang” dalam jurnal Corak : Jurnal Seni Kriya Vol. 3 No. 2 Oktober 2016.
Tampubolon. R. O. 2017. ”Hohomion Na Tolu” dalam jurnal Corak : Jurnal Seni Kriya Vol. 10 No. 2 Oktober
DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v9i1.4101
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Hardianti Veronika Rajagukguk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats
ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).
View My Stats