SIMBOLISASI PENGALAMAN SOSIAL MANUSIA MELALUI KARAKTERISTIK ANEMON DALAM BENTUK KERAMIK BIOMIMICRY

Nur Hardiansyah

Abstract


This work is created as exspression of social human experiences then describe through
the anemone texture and biomimicry form in the ceramic work. Those artistic work can take
part of the art visual element and can be used as interior accent with innovative display . The
process of final exam starts with finding the main idea of creation, making sketch, choosing
materials, then doing the work. Whereas the processing of work uses various techniques, for
example coiling, pinching and molding to show of gesture and movemen of anemone characters.
The next step are drying, burning, glazing, and the last displaying. Step by step all those
processes are done carefully. Because of ceramic materials needs special treatment, as same as
the journey of human life also needs special attention. Doing this ceramic art which about
anemone needs good skill, special treatment, and some theories that fixed the concept, these
are; the anatomy of anemone, semiotics theory, contemporary design of ceramic, and
biomimicry, so the final result, this works have good qualities and can be held responsible. All
this work are the social and personal visualization of experiences and observation of
environment of the author. Learning from the anemone that has various colours and endless
form the author get ideas to express the work in ceramic biomimicry.

 

Key word : Anemone, Biomimicry, Ceramic

 

 


Karya keramik ini diciptakan sebagai bentuk ekspresi pengalaman sosial manusia yang
kemudian digambarkan melalui tekstur anemon dan bentuk biomimicry pada karya keramik.
Karya anemon dengan bentuk artistik dapat menempati elemen rupa dan digunakan sebagai
aksen interior dengan tatanan display yg inovatif. Diawali dengan mencari sumber penciptaan,
membuat sketsa, pemilihan bahan, sampai pada tahapan pengerjaan karya itu sendiri. Dalam
proses berkarya ini menggunakan berbagai macam tehnik, yaitu pilin, pijat dan cetak untuk
membuat gestur dan gerakan yang menjadi identitas anemon pada karya keramik. Kemudian
dilanjutkan dengan tahapan pengeringan, pembakaran, penggelasiran, dan terakhir
pemajangan karya. Semua proses tersebut harus dijalankan dengan teliti dan satu-persatu.
Dikarenakan keramik mejadi material yang memang membutuhkan kehati-hatian, sama halnya
dengan perjalanan kehidupan manusia. Semua pengerjaan karya keramik anemon yang
membutuhkan keterampilan dan perlakuan khusus tentu saja akan lebih diperkuat dengan teoriteori
yang mendukung ide dan konsep karya tersebut, teori pendukungnya antara lain: anatomi
tubuh anemon, teori semiotika, keramik dalam dunia desain kontemporer, wujud dalam bentuk
biomimicry, sehingga karya memiliki kekuatan dan bisa dipertanggung jawabkan. Hasil karya
yang penulis ciptakan merupakan visualisasi pengalaman yang diperoleh dari pengamatan lingkungan, baik secara sosial maupun personal. Kita bisa belajar dari kehidupan anemon ini,
salah yang ternyata memiliki keanekaragaman dalam warna dan bentuk tak ada habisnya jika
dipelajari, dengan penggunaan karakter anemon penulis mendapatkan ide dalam mewujudkan
karya-karya keramik biomimicry.


Kata kunci : Anemon, Biomimicry, Keramik


Full Text:

PDF

References


Astuti, Ambar, Pengetahuan Keramik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1997

Astuti, Ambar, Keramik Bahan Cara Pengerjaan Gelasir, Yogyakarta: Arindo Nusa Media, 2008

Benyus, Janine. Biomimicry-Innovation Inspired by Nature. New York: Harper Collins Published, 1997

Budiman, Kris, Semiotika Visual: Konsep, Isu dan Problem Ikonisitas, Yogyakarta, Jala Sutra, 2011

Castro, Peter & Michael E. Huber, Marine Biology Second Edition, USA: McGraw-Hill Companies, Inc, 1997

Chodijah, Moh. Alim Zaman, Desain Mode Tingkat Dasar Jakarta: Meutia Cipta Sarana Bersama Ikatan Penata Busana Indonesia ”Kartini”, 2001

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Nirmana Elemen- Elemen Seni dan Desain, Yogyakarta: Jala Sutra, 2009

Collins, Peter, Changing Ideals in Modern Architecture, 1750-1950, Montreal: McGill-Queens University Press. 1998

Feldman, Edmun Burke, (Gustami: Pent), Art, Image and Idea, New Jersey: Prentic-Hall, inc. Englewood Cliffsd, 1967 10

Gatot Budiyanto, Wahyu, Kriya Keramik, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Gustami, Sp., Butir-Butir Mutiara Estetika Timur :Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia, Yogyakarta: Prasista, 2007

Kassem, Kane & Eric Madeja, The Coral Triangle, U.K: Jhon Beaufoy Published Unlimited, 2012

Pauline Busch (Christine Pangemanan: Pent) , Widya Wiyata Pertama Anak Anak: Kehidupan dalam Air , Jakarta: Educational Technologies Limited, 1999

Susanto, Mikke, Diksi Rupa: Kumpulan Isvbgtilah dan Gerakan Seni Rupa, Yogyakarta: Dicti Art Lab, 1997

SP. ,Soedarso, Tinjauan Seni Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni , Yogyakarta: Saku Dayar Sarana, 1987

The 3rd Jakarta Contemporary Ceramics Biennale :Coefficient Of Expansion Jakarta: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Galeri Nasional, Indonesia, Jakarta, 23 September-13 Oktober 2014

W. Nyebakken, James, (Muhammad Eidman: Pent), Marine Biologi: an ecological approach, Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 1988

WEBTOGRAFI

Tulisan Jurnal Online Wunsche., Isabel, Biological Methapors in 20-th Century Art and Design. YLEM Journal 8 28 July-August 2003, Artists Using Science & Technology number 11 formerly YLEM newsletter. Biological Methapors, Idea Generation, http://www.ylem.org/journal/2003/lssl08/ vol23.pdf (diakses pada tanggal 3 Maret 2015 Pukul 22:30)

Gambar

http://www.slideshare.net/immariandra/p ower-point-coelenterata (diakses pada tanggal 12 Desember 2014 pukul 23:20 WIB) http://www.heatherknightceramics.com/in dex.html (diakses pada tanggal 10 September 2014 pukul 01.00 WIB) http://www.slideshare.net/immariandra/p ower-point-coelenterata (diakses pada tanggal 12 Desember 2014 pukul 23:30 WIB)

http://www.googleimage.com/anemonedeep- blue-sea/issord (diakses pada tanggal 12 Desember 2014 pukul 20:42).

http://www.googleimage/mazizphoto/ 1qwp (diakses pada tanggal 13 Desember 2014 pukul 21:42)

http://www.flickrhivemind.net/User/kapel entzi/Timeline (diakses pada tanggal 3 Februari 2015 pukul 20:22).

http://www.dennisonpottery.com/#!masks /c1qwg (diakses pada tanggal 20 Januari 2015 pukul 20:44). 12

https://www.etsy.com/listing/218492127/ turquoise-chartreuse-orange-and green?ref=related- (diakses pada tanggal 15 September 2014 pukul 21:55).

https://www.etsy.com/listing/218492127/ red-blue-and-yellow?ref=related-5 (diakses pada tanggal 15 September 2014 pukul 22:15).




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v4i2.2367

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nur Hardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).

 

 

View My Stats