Perbandingan Efisiensi dan Kualitas Rendering V-Ray dan Enscape pada Model Roster Beton di Sketchup
Abstract
Penelitian ini membahas tentang evaluasi perbandingan jumlah tahapan dan durasi render menggunakan mesin render VRay dan Enscape pada obyek roster dengan material beton. Metode yang digunakan yaitu dengan metode simulasi komputer dengan pengujian render yang menjabarkan proses dan tahapan render secara detail, sehingga dapat diketahui jumlah tahapan dan durasi render dengan obyek yang sama dengan hasil rendering yang menyerupai material acuan beton yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing-masing mesin render. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan kepraktisan tahapan render dalam skala jumlah dan perbandingan durasi render dalam skala detik antara plugin VRay dan Enscape.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriyani, M. E., & Setyoko, I. (2016). Analisis Perbandingan Teknik Rendering V-Ray dan Mental Ray pada Film Animasi 3D Robocube. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5578
Chaosgroup. (2020). The ultimate visualization solution for SketchUp artists and designers. Chaosgroup.Com. Retrieved from https://www.chaosgroup.com/vray/sketchup
Geis, J. (2017). Photorealistic Renderings From Your Sketchup Models with Twilight Render – Plugin of The Week #42. Thesketchupessentials. Retrieved from http://www.thesketchupessentials.com/ph otorealistic-renderings-sketchup-models- twilight-render-plugin-week-42/
Ghoni, A. A., & Chairiyah, R. (2023). Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Penyajian Gambar Arsitektur Rumah Tinggal Menggunakan Software Enscape Versi 3.4. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/47258
Hadi, E. K. (2021). Perancangan Animasi 3D ‘Remember’ dengan Metode Pose to Pose. Nuansa Informatika, 15(2), 14–20. DOI: https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4260
Hartawan, I. N. B., & Dirgayusari, A. M. (2018). Analisis Rendering Video Animasi 3D Menggunakan Aplikasi Blender Berbasis Network Render. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 1(1), 25–33. DOI: https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v1 i1.223
Nugraha, B. S., Nurrizky, A., Ariatmanto, D., & Lukman. (2023). Studi Perbandingan Kecepatan, Ukuran, Kualitas Vray Dan Arnold Dalam Proses Rendering 3D Model Arsitektural. Information System Journal (INFOS), 6(2), 44–50. DOI: https://doi.org/10.24076/infosjournal.2023v6i02.1333
Setyaningfebry, F. U. (2021). Evaluasi Penggunaan Software 3D Rendering Arsitektur sebagai Dasar Penyusunan Konsep Website Rendering. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Retrieved from https://e-journal.uajy.ac.id/23483/
Shin, D., Cho, K., & Bahn, H. (2020). File Type and Access Pattern Aware Buffer Cache Management for Rendering Systems. Electronics, 9(1), 164. DOI: https://doi.org/10.3390/electronics9010164
Syarifudin, I., Prabawasari, V. W., & Nugroho, A. (2023). Studi Komparasi Penggunaan Tools Cahaya Omni Sebagai Pendukung Cahaya Spotlight Pada Render Exterior Dengan Software Rendering Lumion 11, Enscape 3.4 Dan Twinmotion Edu 2022. Journal Teknik Dan Science, 2(2), 61–71. DOI: https://doi.org/10.56127/jts.v2i2.792
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.9472
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor