Pengembangan Desain Kartu Pembelajaran Berbasis Augmented Reality

Hamdan Bahalwan, M. Junaidi Hidayat

Abstract


Pandemi sudah merambah ke seluruh dunia. Pandemi merubah tatanan keseharian manusia, mulai dari hal yang kecil sampai pada hal yang krusial. Manusia dituntut untuk beradaptasi dengan pandemi covid-19. Banyak kendala yang dihadapi, salah satunya adalah kesulitan belajar siswa di dunia Pendidikan. Pendidikan jarak jauh yang tidak komunikatif membuat anak sebagai pelajar sukar untuk memahami materi yang diberikan. Terlebih tidak ada inovasi baru dalam pemberian materi oleh pihak sekolah. Melalui metode QFD (Quality Function Development) permasalahan pemebelajaran yang monoton diubah menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, yaitu dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Hasilnya adalah pengembangan kartu pembelajaran akan lebih menarik minat dan kesenangan dari siswa sekolah.


Keywords


pembelajaran, kartu, QFD

Full Text:

PDF

References


Adiani, N. (2017). Desain Rak Buku Berbentuk Pepohonan Pinus Dari Janggel Jagung Dan Resin Polimer. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur. Diambil dari http://ejurnal.polnes.ac.id/index.php/kreatif/article/view/55

Bahalwan, H. (2018). Perancangan Desain Kloset Untuk Mall (Studi Kasus: Kota Surabaya). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi …, 363–368. Diambil dari https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/374%0Ahttps://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/viewFile/374/239

Kartika, I. R., Kurniadewi, F., Nurjayadi, M., & Rahmawati, Y. (2015). Pelatihan Pembuatan Case Gadget Chemistry Style Yang Unik Dan Kreatif Dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Jurusan Kimia Fmipa Unj. Sarwahita, 12(2), 77–81. https://doi.org/10.21009/sarwahita.122.02

Mardiyah, U. C., & Bahalwan, H. (2021). Desain Alat Bantu Fisioterapi Berdiri, Duduk Dan Berjalan Untuk Anak Penyandang Cerebral Palsy Spastik Triplegia. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 7(1), 103–110. https://doi.org/10.22303/proporsi.7.1.2021.103-110

Puspitasari, R., & Wahmuda, F. (2022). Visualisasi Hologram Pada Redesain. 1–6.

Taju, F. S. (2020). Iklan Layanan Masyarakarat Menyikapi Fenomena Pengabaian Pada Anak. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 23(3), 185–190. https://doi.org/10.24821/ars.v23i3.4496

Wiratama, D. (2018). Perancangan Identitas Visual Kota Salatiga Sebagai Kota Multikultur Dan Toleran. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 21(3), 211–220. https://doi.org/10.24821/ars.v21i3.2894

Utami, Kurniati Dwi (2019). Pengukuran Antropometri.

Wignjosoebroto, S. (2008). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Surabaya, Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i3.7028

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor