Strategi Branding Logo dan Kemasan Produk Makanan Tradisional “Enye Ibu Iya”

Ripa Laviva Zahara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat apakah dengan adanya strategi branding penambahan identitas logo dan pengemasan yang baru akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan daya tarik masyarakat dan bagaimana persepsi konsumen terhadap strategi branding. Produk yang dimaksud adalah “enye.” Masalah utama yang dihadapi oleh home industry makanan tradisional Ibu Iya ini mengenai identitas dan packaging yang kurang menarik. Kemasan ini dibungkus dengan packaging yang sederhana tidak memiliki   konsep brand yang kuat. Perancangan ini dilakukan untuk membuat brand Enye Ibu Iya ini berkembang dan dapat bersaing dengan brand sejenis. Keseragaman brand dari segi logo dan pengemasan yang lebih modern. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang sudah diperoleh adalah dengan pendekatan kualitatif, dimana seluruh data dianalisis terlebih dahulu sehingga dapat menghasilkan kesimpulan bagaimana desain kemasan yang sebaiknya dibuat, Hasil analisis strategi branding ini diharapkan agar industri rumahan produk makanan Enye Ibu Iya dapat meningkat daya saingnya.


Keywords


branding, Enye, logo, kemasan

Full Text:

PDF

References


A Cristine, Suharto. (2014). "Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran". Jakarta: Nirmana.

Hananto, B. A. (2019). Perancangan Identitas Visual Dan Desain Kemasan Produk Makanan (Studi Kasus: Fibble). Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(1), 77-94.

Iznilillah, W., Kardaya, D., & Haris, H. (2022). Pendampingan Desain Kemasan Produk Keripik Moring di UMKM Banjarwangi-Bogor. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(1), 40-46. DOI: https://doi.org/10.30997/jiph.v4i1.9830

Julyaningsih, A. H., Irmayani, I., & Hamdani, I. M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Desain Kemasan terhadap Peningkatan Nilai Jual Produk Pangan. Abdimas Singkerru, 3(2), 41-47.

Kartini, I. M., Mardawati, E., & Pujianto, T. (2023). Perancangan Desain Kemasan Black Garlic Honey dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Teknotan: Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 17(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.24198/jt.vol17n1.1

Keller, K. L., Heckler, S. E., & Houston, M. J. (1998). The effects of brand name suggestiveness on advertising recall. Journal of marketing, 62(1), 48-57.

Neumeier, M. (2015). The Brand Flip: Why customers now run companies and how to profit from it. New Riders.

Nurlaela, Junaedi. (2021) Mengenal Pentingnya Branding dalam Bisnis. Jakarta: PT EKRUT TEKNOLOGI UTAMA.

Nadia, Faradiba. (2021). Macam-macam Kemasan Pangan. Jakarta: PT Kompas Cyber Media.

Putri, J. C., Lasmanawati, E., & Setiawati, T. (2019). Pengenalan tentang masakan Sunda di kalangan remaja Kecamatan Kiaracondong. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 8(1). DOI: https://doi.org/10.17509/boga.v8i1.19235

Putri, S. A., Muttaqien, T. Z., & Atamtajani, A. S. M. (2019). Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). DOI: https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143Rustiyanti, S., Listiani, W., & Gymnastiar, G. (2023). Identitas Folklor Nusantara sebagai Inspirasi Desain Kemasan Makanan Boronco. Sebatik, 27(1), 138-144. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2243

Sanaji, M. (2013). Wisata kuliner makanan daerah khas Bandung. Gramedia Pustaka Utama.

Vanya, Karunia. (2020). Logo, Fungsi logo, dan Jenisnya. Jakarta: PT Kompas Cyber Media.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v27i1.6757

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor