Picas/Point, Kerning dan Leading Karya Kaligrafi Utsmani Gaya Riq’ah Muhammad Izzat

Ahmad Yasir Amrulloh

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis picas/point, kerning, dan leading pada kaligrafi Riq’ah karya Muhammad Izzat, salah satu kaligrafer berpngaruh di Turki, dengan menggunakan teori typografi dan teknik analisis picas/point, kerning dan leading. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kaligrafi Riq’ah yang ditulis oleh Muhammad Izzat menggunakan titik dengan sudut 45 derajat sebagai picas/pointKerning dengan ukuran satu setengah hingga dua titik digunakan sebagai kerning antara satu kata dengan kata yang lain. Sementara dua titik digunakan sebagai kerning jika bertemu dengan huruf yang berdiri. Khusus untuk penulisan tanda baca, Muhammad Izzat menggunakan dua variasi. Ada yang satu setengah titik, juga ada yang dua titik sebagai kerning antara tanda baca dan badan huruf. Adapun untuk ukuran leadingnya, diketahui bahwa baris pertama berjumlah delapan titik vertikal. Sedangkan leading antara baris pertama dengan baris kedua berjumlah dua titik vertikal, leading pada baris kedua berjumlah empat titik vertikal dan dua setengah titik vertikal menunjukkan leading antara baris pertama dan kedua. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Muhammad Izzat sangat konsisten dalam menentukan kerning dan leading. Temuan ini juga menunjukkan bahwa karya Muhammad Izzat memiliki nilai estetik tersendiri bila ditinjau dari sisi typografi picas/point, kerning dan leading

Keywords


kaligrafi Riq’ah, typografi, Muhammad Izzat

Full Text:

PDF

References


Amrullah, A. Y., Fauzi, M., & Sarifudin. (2021). Peningkatan Keterampilan Kitabah Melalui Khat Riq’ah dengan Manhaj Hamidi di Sekolah Kaligrafi AL-Qur’an (SAKAL) Jombang. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), 43–58. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.04

Dabner, D., Calvert, S., & Casey, A. (2012). The New Graphic Design School: A Foundation Course in Principles and Practice. John Wiley & Sons.

Darmawanto, E. (2019). Tipografi Dasar-dasar Karakter Huruf. UNINSU PRESS.

Fadhaili, H. (1993). Athlas al-Khat wa al-Khututh. Dar Thalas.

Hamidi, B. (2021, Mei 13). [Google Meet].

ibn Said Syarify, M. (1998). Al-Lauhah al-Khattiyah fi al-Fan al-Islamy al-Murakkabah bi khat al-Tsuluts al-Jaly. Dar ibn Katsir.

Mutiarani, R. A. (2021). Perancangan Buku Decoupage berdasarkan Desain Komunikasi Visual. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(1), 15–20. https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4483.

Nur, M. (2017, April 22). Mengenal Kaligrafi Arab; Khot Riq’ah. Hamidionline. https://hamidionline.net/mengenal-kaligrafi-arab/

Pujiati, P. (2016). Kaligrafi Arab Digital Ayat Al-Qur’an Di Dunia Maya. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 40(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i1.248

Raden, A. Z. M. (2019). Adaptasi Kearifan Lokal Nusantara Pada Perancangan Huruf Digital Tapis Dan Gorga. Jurnal Budaya Nusantara, 2(2), 267–271. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol2.no2.a1964

Sarif, D. (2016). Pengaruh Alquran Terhadap Perkembangan Kaligrafi Arab. ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Kesejarahan, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.33387/jeh.v3i2.848

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian & Pengembangan (Research and Devolopment/R&D). Alfabeta.

Syauqi Banabin, A., & Thubi, M. (2003). Mu’jam Mushtalahat al-Makhtuth al-Araby. Al-mathba’ah al-warraqah al-Wathaniyah.

Yazar Oglu, F. (2016). Biz Türkmeniz—في ذكرى رحيله .. المناضل والشاعر والخطاط المرحوم محمد عزت خطاط. بيزتركمانيز. http://www.bizturkmeniz.com/ar/index.php?page=article&articleid=100163




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v25i3.5671

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor