MANAJEMEN PAMERAN: Bagaimana Membuat Misi dan Perencanaan Strategis

Christine Cocca, M.A.

Abstract


Oleh karena topik yang akan saya bahas sangat luas, maka saya memutuskan untuk
fokus pada hal-hal yang saya anggap sebagai komponen penting dalam percncanaan pameran.
Jika kita membicarakan mengenai pengelolaan pengambilan keputusan, maka misi memegang
peranan penting sebagai pemandu seluruh aspek yang terdapat di dalamnya. Misi sangat
pen ting dalam perencanaan pameran karena karya seni mempunyai fungsi-fungsi sosial, politik
dan budaya yang beragam yang harus dihargai, dan bukan semata-mata sebagai komoditas saja.
Meskipun karya seni dapat diperjualbelikan, tetapi fungsinya terkait dengan pengertian
kemanusiaan kita secara mendalam. Dengan demikian, orang-orang yang mengorganisir
pameran termasuk galeri-galeri komersial - perlu memerhatikan fungsi seni dan tujuan
seniman ketika merencanakan pameran. Tcrciptanya sebuah misi yang baik adalah hal yang
palingutamadan merupakan langkah yangpalingpentingdalam proses ini.
Selama saya berada di Indonesia, saya memperhatikan adanya suatu kecenderungan
tiadanya misi maupun tema dalam pameran-pameran yang diselenggarakan. Saya sering
menemukan adanya pameran-pameran kelompok di mana para pengelolanya
mengikutsertakan seniman-seniman yang karyanya disukai atau dianggap bagus dan
memasang kara-karya tersebut bersama-sama di dalam galeri seolah-olah kualitas karya saja
sudah cukup memenuhi syarat bagi “suksesnya” suatu pameran. Sebagai akibatnva, sering
karya seni tersebut kehilangan kekuatannya sehingga para penonton mempertanyakan
ketiadaan hubungan antara satu karya seni dengan karya seni yang lainnya. Inilah alasannya
mengapa menciptakan suatu misi yang kuat dan rencanayang strategis menjadi penting dalam
menyelenggarakan pameran yang lebih baik dan sukses.

Keywords


seni rupa, desain



DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v1i2.240

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor