Komunikasi Visual yang"Cerdik”

M. Umar Hadi

Abstract


Bahasa Visual dalam Komunikasi di Sekitar Kita
Bahasa visual merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan unsur-unsur
rupa seperti bentuk, warna, komposisi, sebagai bahasa atau lambang untuk
menyampaikan informasi. Ia dapat berwujud gambar, relief, patung, sebagai
representasi kejadian, imajinasi maupun pikiran pengirimnya. Bentuk komunikasi
seperti ini telah dikenal manusia sejak dahulu bahkan jauh sebelum ditemukan sistim
alfabet oleh bangsa Phunesia. Gambar pahatan di dinding gua di Lascaux Perancis,
Hieroglyph di Mesir, cetakan tanah liat di Cina memperlihatkan hal itu.1
Kini lebih 2000 tahun kemudian komunikasi yang menggunakan lambanglambang
visual seperti itu telah berkembang pesat dan menjadi konsumsi masyarakat
luas melalui berbagai jenis media. Surat kabar, Majalah, Tclcvisi, Video Game, Internet,
hingga proyeksi OHP> LCD di ruang kuliah dan seminar menyajikan informasi dengan
cara visual untuk berbagai tujuan.
Disadari atau tidak masyarakat kita saat ini berada pada suatu keadaan yang
penuli dengan berbagai bentuk komunikasi visual. Iklan barangkali objek yang paling
mudah ditunjuk sebagai contoh nyata bentuk komunikasi visual yang ada di
masyarakat. Sebagai alat untuk menyampaikan pesan, iklan memang tidak pernah
berhenti dalam upaya mencari jalan bagaimana menarik perhatian masyarakat
khususnya khalayak sasaran dalam usaha menawarkan produk maupun jasa. Kemajuan
teknologi komunikasi telah menghadirkan sejumlah fasilitas dan berbagai
kemungkinan baru yang mampu mempertinggi kualitas visual iklan sehingga dari
waktu ke waktu terjadi peningkatan daya tarik penampilannya.

Keywords


seni rupa, desain



DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v1i1.232

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor