ANALISIS TEKNIK RESTRICTED NARRATION DALAM MEMBANGUN DRAMATIK PADA SINEMATOGRAFI FILM 1917 KARYA SAM MENDES
Abstract
Pada umumnya teknik bercerita naratif pada film dibagi menjadi dua yaitu Restricted Narration dan Omniscient Narration. Film “1917” karya Sam Mendes yang rilis pada tahun 2019 merupakan salah satu film yang menggunakan teknik Restricted Narration. Restricted Narration atau penceritaan terbatas adalah, salah satu pendekatan naratif yang membatasi informasi cerita kepada penonton hanya melalui satu sudut pandang yakni pada tokoh utama. Pembatasan informasi ini bertujuan untuk menciptakan efek kejutan-kejutan yang tak terduga pada penonton. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana Restricted Narration dapat membangun dramatik dalam film “1917”. Pada umumnya teknik ini bisa dilihat dari berbagai aspek film seperti sinematografi, editing, serta naskah. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan alur naskah dan konsep sutradara. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan analitik pada seni khususnya pada film. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk membedah kaidah-kaidah teknik Restricted Narration. Hasil penelitian ini menjabarkan Restricted Narration yang diterapkan pada adegan-adegan di film “1917” secara terperinci. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Restricted Narration cukup efektif untuk membangun dramatik dalam sebuah film.
Kata kunci: Restricted Narration, Film, Teknik, Sinematografi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annas, Arbani Abdurohman. 2019. “PENERAPAN PENCERITAAN TERBATAS PADA PENYUTRADARAAN FILM FIKSI ‘SASANALAYA.’” Sense: Journal of Film and Television Studies 1(2).
Briant, Dalton. 2018. “Oscar Nominated Movies for Best Cinematography.” These are all the movies that were nominated for the Oscar for Best Cinematography. The cinematographers that were nominated for the Oscar are listed in the description. The phrase %22Won by%22 are included in the description for the films that won the Os.
Brown, Blain. 2002. Theory and Practice : Imagemaking for Cinematographers, Directors & Videographers. Focal Press.
Caroll, Noel. 1996. “THEORIZING THE MOVING IMAGE.”
Demille, Cecile B. 2020. “Golden Globe Winners & Nominees.” Hollywood Foreign Press Association.
Edis, Harrison. 2017. Restricted and Omniescient Narrative. https://prezi.com/dn7gz8yxzgu6/restricted-and-omniscient-narrative/.
Fachrudin, Andi. 2012. Dasar Dasar Produksi Televisi. Kencana Prenada Media Group.
Fajar, Muhammad Maliq. 2021. “ANALISIS VISUAL FOTOGRAFI PRE-WEDDING KONSEP STREET FOTOGRAFI KARYA NATURALLICA PHOTO.”
I Wayan Nain Febri. 2016. “Restricted Narration Dalam Penciptaan Iklan Layanan Masyarakat ‘Remaja Anti Narkoba.’” : 1–10.
Jamila, Annisa Nur. 2017. “ANALISIS FUNGSI RESTRICTED NARRATION SEBAGAI PEMBANGUN DRAMATIK PADA FILM COMIC *.” (Restricted Narration): 59. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8497.
Joseph V. Mascelli. 1998. The Five C’s of Cinematography: Motion Picture Filming Techniques. Silman Jame Press.
Khanif I. 2020. “SHOT UNTUK MEMPERKUAT REALITAS PADA SINEMATOGRAFI FILM MOCKUMENTARY ‘BOOKING OUT.’”
Laksono, Nadim Enggar. 2021. “KOMPOSISI SIMETRI UNTUK MEMPERKUAT AMBIVALENSI TOKOH UTAMA DALAM SINEMATOGRAFI FILM FIKSI.”
Maryamah, Nancy Aristia. 2020. “MEMBANGUN SURPRISE DALAM PENYUTRADARAAN FILM FIKSI ‘HIPOKRIT’ DENGAN PENCERITAAN TERBATAS.”
Muzaki, Khanif Irkham, Arif Eko Suprihono, and Latief Rakhman Hakim. 2021. “DYNAMIC SHOT UNTUK MEMPERKUAT REALITAS PADA SINEMATOGRAFI FILM MOCKUMENTARY ‘BOOKING OUT.’” Sense: Journal of Film and Television Studies 3(2).
Nabila Meysianinndi. 2021. “Penerapan Komposisi Dinamis Dalam Film ‘BerTUHAN.’”
Naufal, Luqman. 2021. “PENGKARYAAN FILM DOKUMENTER THE MESSENGER (Dynamic Shot Pada Film The Messenger).”
Prasetyo, Martinus Eko. 2021. “KAJIAN VISUAL KOMPOSISI SIMETRIS DAN ASIMETRIS FOTOGRAFI SURREAL FASHION KARYA NATALIE DYBISZ.”
Pratista, Himawan. 2008. “Memahami Film.” In Memahami Film, ed. Agustinus Dwi. Ngemplak, Sleman DIY: Montase press.
Purba, Januaris Andi. 2013. Syuting Yang Benar. Yogyakarta.
Rønnow, Mads J.L., Ulf Assarsson, and Marco Fratarcangeli. 2021. “Fast Analytical Motion Blur with Transparency.” Computers and Graphics (Pergamon) 95.
Rotten Tomatoes. 2020. “The Making Of 1917.” ).
SETIAWAN. 2018. “ENGUATAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DENGAN PENERAPAN KOMPOSISI DINAMIS PADA SINEMATOGRAFI FILM ‘DEADLINE.’” http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8497.
Smales, Amber. 2017. “Unrestricted and Restricted Narration Research.” http://bc12media2018group9.blogspot.com/2017/11/unrestricted-and-restricted-narration.html.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung.
Thompson, Roy. 1998. Grammar of the Shot. Focal Press.
Umbara, Diki. 2010. Interprebook How To Become A Cameramen.
Wirartha, I Made. 2006. “Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi Dan Tesis.” Andi.
DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v19i2.7857
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.