Dramaturgi Media Baru Pada Pertunjukan Waktu Batu. Rumah Yang Terbakar Oleh Teater Garasi/Garasi Performance Institute Di Yogyakarta

Ahmadul Musthofa Al-Hamdany, Surya Farid Sathotho, Hirwan Kuardhani

Abstract


Pertunjukan Waktu Batu. Rumah yang Terbakar merupakan versi terbaru dari proyek Waktu Batu yang sudah dikerjakan oleh Teater Garasi/Garasi Performance Institute sejak tahun 2000. Pada versi terbaru ini, Teater Garasi/Garasi Performance Institute bereksperimen dengan menghadirkan teknologi digital sebagai elemen penting dalam pertunjukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dramaturgi yang diaplikasikan pada pertunjukan Waktu Batu. Rumah yang Terbakar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dramaturgi media baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus. Berdasarkan analisis yang dilakukan penilitian ini menghasilkan temuan bahwa: dramaturgi yang diaplikasikan pada pertunjukan Waktu Batu. Rumah yang Terbakar merupakan dramaturgi media baru. Hal ini di dasarkan pada penggunaan media digital dalam pertunjukan meliputi proyeksi digital, teknologi atmosfer, soundscape, dan video langsung (live video).

References


Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Dharmawan, A. (2023). Dramaturgi Media Baru dalam Pertunjukan Virtual The Happy Family oleh Kelompok Sakatoya Yogyakarta. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Dixon, S. (2007). Digital Performance: A History of New Media in Theater, Dance, Performance Art, and Installation. MIT Press. https://doi.org/10.5040/9781501355905.0012

Eckersall, P. (2014). Dumb Type–The Birth of New Media Dramaturgy: Points of departure for the Interweaving Performance Cultures symposium. 1–8. http://www.textures-platform.com/wp-content/uploads/2014/11/Peter-Eckersall_Dumb-Type-and-the-birth-of-NMD.pdf

Eckersall, P., Grehan, H., & Scheer, E. (2017a). New media dramaturgy. In The Routledge Companion to Dramaturgy (hal. 375–380). https://doi.org/10.4324/9780203075944-77

Eckersall, P., Grehan, H., & Scheer, E. (2017b). New Media Dramaturgy. In New Media Dramaturgy. https://doi.org/10.1057/978-1-137-55604-2

Iswantara, N., Soemanto, C. S., Haryono, T., & Simatupang, L. L. (2012). Proses Kreatif Teater Garasi Yogyakarta Dalam Lakon Waktu Batu. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 13(2), 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v13i2.516

Kuardhani, H. (2021). Bukan Hanya Panggung: Transformasi Teater Panggung ke Pertunjukan Digital. In S. R. Widyastutieningrum (Ed.), Rekayasa Budaya dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Digital (hal. 534). ISI Press.

Kusmarni, Y. (2012). Studi Kasus (John W . Creswell). UGM Jurnal Edu UGM Press, 2, 1–12.

Monaghan, P. (2014). DRAMATURGIES AND THE DRAMATURG. The Dramaturgies Project, 3. http://www.realtimearts.net/downloads/RT70_dramaturgies.pdf

Prasetya, S. H. B. (2013). Meneliti Seni Pertunjukan. Penerbit BP ISI Yogyakarta.

Prihatsanti, U., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. 26(2), 126–136. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. 28.

Scheer, E. (2015). Robotics as New Media Dramaturgy: The Case of the Sleepy Robot. TDR - The Drama Review - A Journal of Performance Studies. https://doi.org/10.1162/DRAM_a_00476

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XIX(1), 113–130.

Yudiaryani, Kuardhani, H., & Pungkiawan, P. R. (2023). Teknologisasi Seni Pertunjukan Dalam Kontestasi Dramaturgi Tradisi dan Modern Bagi Ketahanan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24821/tnl.v21i1.12283

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter 

  

View My Stats

 

 

ISSN: 1411-6464 (Print)

ISSN: 2685-8274 (Online)