Eksistensi: Strategi Pengelolaan Industri Kerajinan Keramik Borneo Lentera Prima Singkawang

Iwan Pranoto, Elvira Elvira, Zakarias Sukarya Soeteja

Abstract


Industri kerajinan keramik Borneo Lentera Prima merupakan pusat industri yang menaungi kelompok perajin di bidang keramik yang ada di daerah Singkawang. Industri ini merupakan tempat produksi barang keramik yang masih aktif dari beberapa kelompok industri lainnya. Kelompok industri kerajinan ini dapat bertahan dan mengembangkan diri. Hal itu didasari adanya sistem manajemen yang terkelola dengan baik, sehingga tetap bisa mempertahankan eksistensinya dalam dunia industri secara kreatif dan inovatif. Adapun tujuan dari kegiatan penelitian ini meliputi, konsep eksistensi yang dikembangkan dalam pengelolaan industri keramik Borneo Lentera Prima di Singkawang, dengan memperhatikan strategi pengelolaan pekerja, bentuk produk, dan strategi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan interdisiplin dengan metode kualitatif studi kasus, dengan didukung beberapa disiplin ilmu seperti sosial budaya dan manajemen. Proses pengumpulan data diperoleh dari lapangan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi terkait serta relevan. Proses eksistensi yang dilakukan oleh manajemen industri kerajinan keramik Borneo Lentera Prima Singkawang meliputi sistem upah kerja yang sesuai, sehingga dapat membuat setiap perajin memiliki pendapatan yang sesuai dengan kebutuhan ekonomi. Tahapan eksistensi lainnya meliputi bentuk yang khas sebagai identitas budaya, sehingga memiliki daya tarik bagi pasar, namun dalam pencapaian keberhasilan dalam penjualan, manajemen melakukan strategi pemasaran yang meliputi sasaran, kebutuhan, keunggulan, dan pembaharuan.

 

Existence: Management Strategy the Industry Craft Ceramic Borneo Lentera Prima Singkawang

ABSTRACT

The Borneo Lentera Prima ceramic handicraft industry is an industrial centre that houses a group of craftsmen in the ceramic field in the Singkawang area. This industry is a production place for ceramic goods, which is still active from several other industrial groups. This handicraft industry group can survive and develop itself. This is based on the existence of a management system that is well managed so that it can maintain its existence in the industrial world, creatively and innovatively. This research activity includes the concept of existence developed in managing the Borneo Lentera Prima ceramic industry in Singkawang by paying attention to worker-management strategies, product forms, and marketing strategies. The method used in this research is an interdisciplinary approach with a qualitative case study method, supported by several disciplines such as socio-culture, management. The data collection process was obtained from the field through observation, interviews, and related and relevant documents. The existing process carried out by the management of the Borneo Lentera Prima Singkawang ceramic craft industry includes an appropriate wage system to make every artisan have an income according to economic needs. Other stages of existence include a distinctive form as a cultural identity. It has an appeal to the market, but in achieving success in sales management, it undertakes a marketing strategy that includes goals, needs, excellence, and renewal.

 


Keywords


eksistesi, strategi, pengelolaan, keramik | existence, strategy, management, ceramics

References


Diniaty, Dewi ; Agusrinal, A. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains Teknologi dan Industri, 11(2), 175–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.745

Iskandar, D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Produktivitas Karyawan. JIBEKA: Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.8

Limawandoyo, E. A. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada PT Aneka Sejahtera Engineering. Jurnal Manajemen Bisnis Petra, 1(2), 8–18.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v16i1.1649

Mantondang, Armansyah; Lubis, Yurial Arief ; Suharyanto, A. (2018). Eksistensi Budaya Lokal dalam Usaha Pembangunan Karakter Siswa SMP Kota Padang Sidimpuan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 3(2), 103–116. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/antro.v3i2.8306

Pranoto, Iwan ; Pratiswa, Stephanus A.; & Undiana, N. N. (2020). Motif Burung Enggang Gading pada Pakaian Adat Dayak Kanayatn Kalimantan Barat. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(2), 226–231.

https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.18928

Pranoto, Iwan ; Siahaan, V. D. ; Triyanto ; & Rohidi, T. R. (2020). The Ceramics of Singkawang: Dayak Kanayatn’s Cultural Perceptions in Kalimantan Barat. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 35(1), 103–111.

https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v35i1.1006

Pranoto, I. (2017). Guci Cina di Singkawang (Kajian Visual dan Simbolik Reproduksi Kriya Keramik Guci di Desa Sakkok, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat). Prosiding Seminar Antar Bangsa, 175–188.

Pratiwi, Anisa E. ; Triyono, Sugeng ; Rezkiyanto, Imam ; Asad, A. S. ; D., & Khollimah, A. (2018). Eksistensi Masyarakat Adat di Tengah Globalisasi. Jurnal Civics, 15(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/jc.v15i2.17289

Raditiya, M. H. B. (2014). Selfi dan Media Sosial pada Seni sebagai Wujud Eksistensi. JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18(1), 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jsp.13096

Rambalangi ; Sambiran, Sarah ; Kasenda, V. (2018). Eksistensi Lembaga Adat dalam Pembangunan Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa (Suatu Studi di Kecamatan Tawalian Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat). Jurnal Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sari, A. (2018). Analisis Teknik Pemasaran Karya Seni (Studi Kasus Go-Kuwang). Seminar Nasional dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, 1–7.

Simbolon, F. (2013). Strategi Pemasaran Global di Pasar Indonesia. Jurnal Binus Business Review, 4(1), 405–413.

https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1406

Sudiyati, N. (2012). Keramik Singkawang Kalimantan Barat Kajian Aspek Estetika. Ilmu Budaya, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Suwityantini, D. (2018). Strategi Pemasaran Karya Seni Lukis (Studi Kasus Pada Pameran Seni Rupa dan Pasar Seni Art Joga). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(8), 67–77. Retrieved from http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/538%3E

Informan

Maria (43 Tahun). Asisten Dinas Perindagkopnaker Kota Singkawang.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v7i1.4973

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iwan Pranoto Iwan pranoto

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors