Strategi Pengembangan Birthday Organizer di Saka Kids Production Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh organisasi Saka Kids Production Yogyakarta yang bergerak dalam bidang birthday organizer atau pengorganisasi acara ulang tahun. Saat ini, bisnis birthday organizer sedang berkembang di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Yogyakarta. Hal ini bermula dari banyaknya orangtua sibuk yang tidak sempat mengurus sendiri acara ulang tahun buah hati atau anggota keluarganya, sehingga menjatuhkan pilihan pada penyedia jasa birthday organizer. Organisasi yang menjadi objek penelitian ini menyediakan jasa perencanaan acara ulang tahun yang meliputi jasa badut sulap, badut karakter, dekorasi balon, dan paket ulang tahun. Banyaknya persaingan dalam bisnis ini membuat organisasi harus memperhatikan strategi agar dapat bertahan dalam pasar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam empat tahapan yaitu tahap pertama menentukan lingkup penelitian yang terdiri dari objek penelitian dan subjek penelitian. Tahap kedua melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan key person/orang terpenting dalam organisasi. Tahap ketiga menentukan variabel yang mencakup faktor internal (kekuatan & kelemahan) dan faktor eksternal (peluang & ancaman). Tahap keempat melakukan analisis data dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi generik yang semestinya dijalankan oleh Saka Kids Production berdasarkan hasil analisis Matrik IE dan Kuadran SWOT adalah Ekspansion yang mendukung strategi efektivitas dan variasi strategi adalah Diversifikasi dan Intensif.
Development Strategy for Birthday Organizer at Saka Kids Production Yogyakarta
ABSTRACT
This study aims to identify the Saka Kids Production Yogyakarta organization's strategies engaged in birthday organizers or birthday events organizers. Currently, the birthday organizer business is developing in big cities in Indonesia, Yogyakarta. This stems from the number of busy parents who do not have time to take care of their own baby's birthday event or family members, so the birthday organizer service provider's choice. The organization that is the object of this research provides birthday event planning services, which include the services of magic clowns, character clowns, balloon decorations, and birthday packages. The amount of competition in this business makes the organization pay attention to strategies to survive. Researchers used descriptive qualitative research methods with a case study approach in four stages, namely the first stage determining the scope of research consisting of research objects and research subjects. The second stage is conducting data collection techniques through interviews with key people / the organization's most influential people. The third stage determines internal factors (strengths & weaknesses) and external factors (opportunities & threats). The fourth step is analyzing data using SWOT analysis. The results showed that the generic strategy that should have been carried out by Saka Kids Production based on the results of the IE Matrix and SWOT Quadrant analysis was the expansion that supported the effectiveness strategy and the variations in the strategy were Diversification and Intensive.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alimudin, A. (2015). Strategi Pengembangan Minat Wirausaha Melalui Proses Pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1).
Arfiyanto, Dedy; Faris, R. I. (2016). Strategi Event Organizer (EO) PT. SAFIS KARYA SENTOSA Pamekasan dalam Menggerakkan Bisnis Industri Kreatif di Madura. Eco-Entrepreneur-Universitas Trunojoyo, 2(2).
Bahren; Hidayat, Herry Nur; Sudarmoko; Setyaka, V. (2014). Industri Kreatif Berbasis Potensi Seni Dan Sosial Budaya di Sumatera Barat. Jurnal Ekspresi Seni, 16(1).
Barringer, Richard, E. al. (n.d.). The Creative Economy in Maine: Measurement & Analysis”, The Southern Maine Review. University of Southern Maine.
Christopherson, S. (2004). Creative Economy Strategies for Small and Medium Size Cities: Options for New York State. Quality Communities Marketing and Economics Workshop. Albany, New York.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Fatimah, F. N. D. (2017). Teknik Analisis SWOT. Jakarta: Anak Hebat Indonesia.
Ferdiansyah. (2016). Pengembangan Bisnis TGIF Organizer dalam Meningkatkan Market Share. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 52(11), 270–297.
Hamid, Suandi; Edy; Susilo, Y. S. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 45–55.
Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhandri, T. (2002). Strategi Penciptaan Wirausaha (Pengusaha) Kecil Menengah Yang Tangguh. Bogor: Falsafah Sain IPB.
Nurcahyati; Ratnawati, A. T. (2016). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Sebagai Penggerak Destinasi Pariwisata di Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi–U) Ke-2 Tahun 2016.
Pickton, David W.; and Wright, S. (1998). What’s SWOT in Strategic Analysis? In Strategic Change, 7 (1998) (pp. 101–109). United States: John Wiley & Sons, Ltd.
Prasojo, L. D. (2018). Manajemen Strategi. Yogyakarta: UNY Press.
Prayudi, Dicki; Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur, 9(2), 225-241.
Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT: Teknis Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAL. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Riyanto, J. (2018). Pengembangan Strategi Pengelolaan Sanggar Srengenge Mas Bantul. Jurnal Tata Kelola Seni, 4(1), 49–62. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jtks.v4i1.3082
Rochaeni, A. (2008). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Kompetisi. Jurnal Manajemen & Sistem Informasi UPI, 6(12).
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2).
Wijayanto, H. (2018). Strategi Pengembangan Surabaya Art Event (SAE). Melayu Arts and Performance Journal, 1(2).
Informan
Dhimas Mujiburrohman, 35 tahun. (2020). Pemilik dan pendiri Saka Kids Production Yogyakarta, tinggal di Desa Sinduadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.
Webtografi
Amelia; Lestari, R. B. M. (2016). Bussiness Plan Party Planner Unique Jurusan Ilmu Ekonomi Manajemen, STIE MDP Palembang. Retrieved from http://eprints.mdp.ac.id/2052/1/Jurnal-2013200011.pdf
DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v6i2.4691
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nurhana Azizia Latief
Editorial Address:
Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta
Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia
Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.