Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Studio Fotografi Calista Yogyakarta
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen studio Calista Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di studio Calista Kota Yogyakarta dengan menyurvei 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode survei, menggunakan kuesioner dengan teknik. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini, menemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen. Kualitas poduk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat kepuasan 10,568 dengan signifikan sebesar 0,000 kurang dari 5% (0,0000,050). Persepsi harga tidak signifikan karena, apabila suatu produk memiliki kualitas bagus maka secara langsung konsumen tidak mempermasalahkan harga dan tidak memengaruhi kepuasan konsumen.
ABSTRACT
This study aims to examine the effect of product quality and price perceptions on consumer satisfaction at the Yogyakarta Calista studio. This research was conducted in the Calista studio of Yogyakarta City by surveying 100 respondents. The sampling technique using the survey method, using a questionnaire with techniques. The method of analysis uses multiple regression analysis. The results of this study found a positive and significant effect between product quality and price perception on consumer satisfaction. Product quality has an effect on consumer satisfaction with a level of satisfaction of 10,568 with a significance of 0,000 less than 5% (0,0000,050). Perception of the price is not significant because if the product has a price issue and does not affect customer satisfaction. Good quality, then directly consumers are not.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, K. &. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Budiyanto Arif. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Di PT, Yerry Primatam Husindo) Volume 1 No. 13 .
Day. (1984). Journal of Marketing Research. Volume 25 No 2 .
Garvin, D. A. (1987). The Arr and Science of Business Management. New York Publishing.
Giardo Perinadi Putra, Zainul. Arifin, Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen" (Survei Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Volu.
Gozali., I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grace Marleen Wariki, Lisbeyth Mananeke. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Bauran Pemasaran Volime 3 No. 2 Juni.
Indrawati, Fenny. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Tinjau Stasiun Surabaya. Jurnal Anggora Volume 62 .
Keller, K. D. (2009). Manajemen Pemasaran; jilid 1 edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Petrick. (2016). Journal of Air Transport Management Volume 52 No. 42-54.
Prabowo, Heriyanto dan Yulianeu. (2017). Pengaruh Analisis Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Fotografi Kudus). Jurnal Manajemen Volume 3 No. 3.
Rosa Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Setyo, Purnomo. Edwin. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Best Autoworka Volume 1 No. 6 hlm. 55
Swasta., B. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran; edisi II. Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa; edisi II. Yogyakarta.
Yanti, Febri. Azizah Karim. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Studio Ribka Foto Cabang Sekip di Palembang. Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Volume 8 No.2.
DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4115
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dwi Retno
Editorial Address:
Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta
Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia
Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.