Strategi Pengembangan Komunitas “Dazzle Voices” terhadap Minat Penonton dalam Konser Opera

Nooraida Heriyanti

Abstract


Abstrak

Seni pertunjukan sangat dekat dengan kehidupan manusia. Beragam jenis seni pertunjukan bermunculan di Indonesia khususnya di Yogyakarta, salah satunya Konser Opera. Namun sayangnya, dalam masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengetahui dan mau menikmati jenis pertunjukan ini. Pada saat musik klasik khususnya Konser Opera menghadapi tantangan baru dalam usahanya menarik dan mempertahankan penonton, para pelaksana dalam hal ini komunitas, tentunya sangat menginginkan informasi apa yang membuat berhasil dan apa yang tidak dalam menarik minat penonton. Komunitas mencoba mencari cara baru untuk mengembangkan dan meningkatkan daya tarik penonton. Selama ini Musik Opera dipandang sebagai ‘Musik kelas atas’ dan hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Dazzle Voices kembali memperkenalkan musik klasik, khususnya Musik Opera kepada masyarakat umum, khususnya di Yogyakarta sebagai Kota Budaya dan Kota Pelajar. Sebagai komunitas nonprofit, Dazzle Voices merasa belum memiliki strategi yang objektif untuk menghadapi persaingan dalam lingkungan yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat dipilih secara objektif menggunakan EFE, IFE, dan SWOT Matrix oleh Komunitas Dazzle Voices. Strategi ini dapat digunakan untuk membantu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan minat penonton terhadap konser opera.

Kata kunci: konser opera, strategi management, IFE, EFE, SWOT matriks

 

Abstract

Performing art is very close to human life. Various types of performing arts popping up in Indonesia especially in Yogyakarta, one matter Concert Opera. However, in Indonesian society there are still many who do not know and want to enjoy this kind of show. While Classical Music, especially Opera Concerts aired on an exciting and sustained journey of viewers, the executors in this community certainly desperately wanted what information was made to work. The community is trying to find new ways to develop and increase the attractiveness of the audience. All this time Opera Music appeared as 'Top music' and only enjoyed by certain circles only. Dazzle Voices rewake music classical music special Opera to the general public, especially Yogyakarta as a cultural city and student city. With the non provit community, Dazzle Voices feels that they do not yet have an objective strategy for dealing with competition in a dynamic environment. This study aims to determine alternative strategies that can be selected objectively using EFE, IFE, and SWOT Matrix by Dazzle Voices community. This strategy can be used to help identify things that relate to audience interest in opera concerts.

Keywords: opera concert, management strategy, IFE, EFE, SWOT matrix


Keywords


konser opera, strategi management, IFE, EFE, SWOT matriks

Full Text:

PDF

References


Arif Yusuf Hamali. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta,

Indonesia: Prenadamedia.

David, F. R. 2006. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

David Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.

David Fred R. 2011. Strategic Management Concept and Cases. New Jersey, United States:

Pearson Education.

Fasya Vadya Fredanella1, Ir. Dodie Tricahyono. Strategi Pengembangan Komunitas

“Bandung Foodies” Terhadap Ekonomi Kreatif Bandung 2015-2018. Bandung:

Universitas Telkom.

Kotler n keller. 2008. Marketing Management. Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Prasetya Irawan. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial.

Jakarta, Indonesia: DIA FISIP UI.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v3i2.2607

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nooraida Heriyanti

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors