Upaya Peningkatan Bernyanyi Paduan Suara untuk Remaja Gereja HKBP Taman Deli dalam Kegiatan Praktik Lapang Tematik
Abstract
Dalam kegiatan Praktik Lapang Tematik (PLT), mahasiswa Program Studi Seni Musik melakukan pelatihan paduan suara untuk remaja Gereja HKBP Taman Deli, Medan Labuhan. Di Gereja HKBP Taman Deli anak remaja sangat berminat belajar bernyanyi dalam bentuk paduan suara. Permasalahan yang dihadapi pihak gereja/mitra adalah anak remaja belum mampu membaca notasi dengan baik dan bernyanyi dengan benar. Oleh karena itu, anak remaja diberi pembelajaran teori dasar musik dan belajar lagu “Ku Berbahagia” dalam bentuk paduan suara. Metode yang digunakan oleh tim pelatih metode pelatihan dan pendampingan. Dalam hal belajar bernyanyi, pengajar mempraktikkan langsung lagu “Ku Berbahagia” dengan menggunakan fasilitas yang ada di lingkungan Gereja HKBP Taman Deli seperti piano dan keyboard. Hasil pengajaran teori dasar musik telah meningkatkan pengetahuan anak remaja membaca not angka dan not balok, membaca ritem dan melodi lagu “Ku Berbahagia”, dan menampilkan lagu tersebut dalam perayaan Natal Gereja HKBP Taman Deli.
In this Thematic Field Practice activities, students from the Music Arts Study Program conducted choir training for youth at the HKBP Taman Deli Church, Medan Labuhan. At Taman Deli HKBP Church, teenagers are very interested in learning to sing in the form of a choir. The problem faced by the church/partners is that teenagers are not yet able to read notation and sing properly. Therefore, teenagers were given basic music theory lessons and learned the song "Ku Berbahagia" in the form of a choir. The results of the authors’ basic music teaching theory are the increasing of young singers’ abilities in reading numbers and musical notes, the ability to read the rhythm and melody of the song "Ku Berbahagia", and the performance of the choir in HKBP Taman Deli Church Christmas celebration.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi. 3013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press.
Daryanto. 2009. Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Heldisari, Hana Permata dan Dilla Octavianingrum. 2022. Pelatihan Paduan Suara di Kelompok Seni “Mayungan Voice” Dukuh Salakan, Kelurahan Potorono, Kec.Banguntapan, Bantul, DIY. Jurnal Pengabdian Seni, 3(2), 123-130. https://journal.isi.ac.id
Maswan dan Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nyoman, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Simangunsong, Emmi, et all. (2022). Pelatihan Bermain Saxophone pada Anak Remaja Gereja HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat dalam Kegiatan Praktik Lapang Tematik di Kelurahan Dataran Tinggi, Binjai Timur. CITRA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 72-76. https://publisher.yccm.or.id//index.php/cab.
Simangunsong, Emmi, et all. 2022. Upaya Peningkatan Pengetahuan Teori Dasar Musik pada Anak Sekolah Minggu di Gereja HKBP Binjai dalam Kegiatan Praktik Lapang Tematik. Community Development Journal, 3(2), 366-371.
Widyani, Ervina. 2014. “Laporan Kegiatan Praktik Lapangan (PPL)”. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v4i1.9409
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).