Penerapan Musik dan Bahasa Inggris dengan Kegiatan Drama Musikal dan Liturgi Bahasa Inggris Melalui Praktik Lapangan Tematik di Gereja HKBP Laut Dendang
Abstract
Praktik Lapang Tematik (PLT) merupakan kegiatan pendidikan yang diikuti oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi. Dengan bekerja secara langsung di dunia usaha atau industri, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten di bidangnya yang bertujuan memperoleh pengalaman dan kecakapan penguasaan keahlian di suatu bidang, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh saat belajar di Universitas HKBP Nommensen kepada anak Sekolah Minggu di Gereja HKBP Laut Dendang. Metode pelaksanaan PLT dilakukan secara tatap muka. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa anak sekolah minggu yang mengalami kesulitan saat membaca liturgi dalam bahasa Inggris dan dalam drama musikal ketika mendalami peran/karakter tokoh. Dengan demikian, mahasiswa melakukan pelatihan kepada anak Sekolah Minggu melalui metode pelatihan yang lebih mudah, yaitu dengan bermain games, seperti bernyanyi sambil melakukan gerakan, main tebak-tebakan seputar hal-hal tentang bahasa Inggris dan memberi contoh memainkan karakter tokoh dalam drama musikal di depan anak Sekolah Minggu. Hal ini sangat efektif dilakukan saat mengajari anak Sekolah Minggu mengingat usia yang masih kecil sangat aktif dalam bermain daripada belajar. Untuk itu, mahasiswa melakukan metode belajar sambil bermain agar memudahkan anak untuk lebih cepat memahami pembelajaran dan merasa nyaman selama mengikuti proses pembelajaran.
Thematic Field Practice is an educational activity that is followed by every college student. By working directly in the business world or in the industrial world, in a systematic and directed manner with competent supervision in their field which aims to gain experience and skills in mastering expertise in a field, the students can transfer their knowledge gained while studying at HKBP Nommensen University to Sunday school children in HKBP Laut Dendang Church. The method for implementing Thematic Field Practice was face-to-face. In practice, there are some Sunday school children who have difficulty in reading the liturgy in English and in a musical drama. Some of children have difficulty understanding the roles of the characters. Therefore, students of HKBP Nommensen University conducted training for Sunday school children through easier training methods by playing games such as singing while making movements, playing guessing games about things about the English language and giving examples of playing the characters in musical dramas in front of the children. This method was very effective when teaching Sunday school children, considering that at a young age they are very active in playing rather than studying. The results of this activity is that it makes easier for the children to understand the material more and makes the children feel comfortable during the learning process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Istilah Tematik. Herman et al. (2021). Strengthening Character Education Through School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 5, No. 2, PP. 178-186, DOI:https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i2.868
Batubara, Junita. 2022. Peningkatan membaca notasi angka terhadap perguru malua di greja HKBP Sola Gratia melalui kegiatan praktik lapang tematik.ABDI DOSEN. Vol 6,188.https//tp.ub.ac.id2012:06 pkllove.blogspot.com 2011:3 (Tujuan PLT) Sumber Internet
www.docplayer.info, 2021:6 (Pengertian PLT)
Panggabean, Ance dkk. 2022. Metode Pengajaran, Pelatihan dan Pendampingan Bahasa Inggris dan Seni Musik pada Anak Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Binjai Timur. Citra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN: 2798-9305 (online) Vol.1, No. 2, https://publisher.yccm.or.id/index.php/cab.
Silitonga, Hampego, Batubara dkk. 2022. Praktek dan Partisipasi Dosen dan Mahasiswa Melatih Bernyanyi Naposo Bulung HKBP Sola Gratia Binjai. Community Development Journal, Vol 3, No.1 Februari 2022. E-ISSN: 2721-5008. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3664
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v4i1.9373
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).