Pelatihan Paduan Suara di Kelompok Seni Mayungan Voice Dukuh Salakan, Kelurahan Potorono, Kec. Banguntapan, Bantul, DIY
Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali kelompok paduan suara di kampung Mayungan Banguntapan DIY dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang mendalam. Diikuti oleh 16 anggota kelompok paduan suara dengan rentan usia 40-50 tahun. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, imitasi, dan drill. Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan secara luring, dengan durasi 90 menit tiap pertemuan. Pelatihan ini menghasilkan tiga lagu yang diaransemen ulang dengan format SSA (Sopran 1, Sopran 2, Alto) dan telah didokumentasikan dengan memperhatikan segi artistik yaitu kostum dan gerak lagu. Selain hasil secara psikomotorik, kelompok paduan suara telah mendapatkan pengetahuan tentang aransemen sederhana dalam paduan suara sehingga diharapkan ke depannya akan lebih mandiri dan tetap aktif berdiskusi antar anggota kelompok paduan suara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, E. Y., & Winarko, J. (2021). Analisis Artikulasi Vokal pada Lagu “Dear Dream” oleh Regita Pramesti Suseno Putri. Repertoar, 1(2).
Asnawir & Usman. Basyirudin. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Datu, A. R. (2019). Pelatihan Teknik Vokal untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi pada Siswa dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Paduan Suara SMA Negeri 13 Bone. Jurnal Pendidikan Seni.
Heldisari, H. P. (2019). Pembelajaran Teknik Rekam di Sekolah Menengah Kejuruan (Seni Musik) Melalui Model Pembelajaran Personal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 199–206. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/4414
Heldisari, H. P. (2020). Efektivitas Metode Eurhythmic Dalcroze Terhadap Kemampuan Membaca Ritmis Notasi Musik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 468–478. file:///D:/Users/user/Downloads/28223-60200-1-PB.pdf
Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312
Lephen, P., Raharja, B., & Hilmi, M. N. (2021). Pengembangan Potensi Atraksi Wisata Seni Suara dan Musik di Kampoeng Wisata Titik Nol Jateng, Desa Bligo, Magelang. Jurnal Pengabdian Seni, 2(2). https://doi.org/10.24821/jps.v2i2.5550
Paputungan, F. T., & Lapian, A. (2020). Penerapan Metode Imitasi dan Drill pada Paduan Suara Manado Independent School. Clef : Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, I(1), 11–21. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v1i1.129
Raharja, B., & Nevada, R. A. R. (2021). Pelatihan Metode dan Strategi Mengajar Gamelan Autis bagi Guru-Guru Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Seni, 2(1). https://doi.org/10.24821/jps.v2i1.5733
Sriningsih, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). Jurnalistrendi.
Tyack, P. L. (2020). A taxonomy for vocal learning. In Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences (Vol. 375, Issue 1789). https://doi.org/10.1098/rstb.2018.0406
Wulandari, & Sakti, H. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1).
DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v3i2.8179
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).