Pelatihan Karawitan dan Tari di Sekolah Dasar Negeri Mlese, Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah

Ribeth Nurvijayanto, Winarsi Lies Apriyani

Abstract


Program pelatihan karawitan dan tari di Sekolah Dasar Negeri Mlese, Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah memberikan materi tentang teknik tabuhan, vokal, dan sikap menari dalam konteks tradisi Jawa. Proses pelatihan dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, imitatif, dan tabuh bersama. Luaran kegiatan pelatihan ini membuat karya kolaborasi antara karawitan dan tari yang disajikan dalam pertunjukan tari Gugur Gunung. Pelatihan ini bertujuan memberikan ruang untuk mengekspresikan diri, melatih kepekaan kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui olah wiraga, wirama, dan wirasa yang bermanfaat  dalam proses belajar di sekolah. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menambah perbendaharaan materi karawitan dan tari di SDN Mlese, membangun kreativitas, kecerdasan kognitif, dan emosi, serta menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan budi pekerti bagi siswa-siswi. Kegiatan pelatihan ini menjadi tawaran bagi pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat umum sebagai media untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sosial yang muncul di masyarakat. Selain itu, pelatihan ini sebagai upaya preservasi dan transmisi budaya lintas generasi, meningkatkan minat siswa-siswi terhadap seni dan budaya khususnya karawitan dan tari tradisional Jawa.

 

The karawitan and dance training program at  Mlese Gantiwarno State Elementary School, Klaten, Central Java provides material on instrument techniques, vocals, and Javanese dance techniques. The training process was carried out for approximately one month through lecturing, demonstration, imitative and music play together methods. The output of this training activity was a collaborative work between accompaniment and dance which was presented in the Gugur Gunung dance performance. This training aims to provide space to express oneself, train cognitive, affective and psychomotor sensitivity in the context of Javanese dance philosophy called wiraga, wirama and wirasa. The results of this community service are increasing the repertoire of musical and dance material at SDN Mlese, building creativity, cognitive and emotional intelligence, as well as instilling human values and manners in students. This training activity serves as a medium for the government, related agencies and the general public to overcome social problems that arise in society. Apart from that, this training is an effort to preserve and transmit across generations, increasing students' interest in art and culture, especially musical and traditional Javanese dance.


Keywords


SDN Mlese Gantiwarno, karawitan, tari, pendidikan seni

Full Text:

PDF

References


Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook 1: Cognitive domain. Longman.

KBBI. (2016a). Afektif. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/afektif

KBBI. (2016b). Psikomotorik. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/psikomotorik

Martapangrawit. (1975). Pengetahuan Karawitan I. ASKI Surakarta.

Masunah, Juju, Narawati, T. (2003). Tari Pendidikan: Metodologi Pengajaran Tari di Sekolah. In Seni dan Pendidikan (p. 248). Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (P4ST) UPI.

Simatupang, G. R. L. L. (2013). Pergelaran: Sebuah Mozaik Penelitian Seni Budaya. Jalasutra.

Sulistyobudi, N. (2013). Seni Karawitan Jawa: Pendidikan budi pekerti. Jantra: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 8,1(Juni), 39.

Sumarsam. (2003). Gamelan Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal Jawa. Pustaka Pelajar.

Suparwata. 2024. Kepala Desa Mlese Gantiwarno Klaten Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v5i2.14097

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats