Pembuatan Konten Website dengan Medium Audiovisual untuk Mendukung Promosi UMKM Azolla

Dyah Ayu Wiwid Sintowoko, Hanif Azhar

Abstract


Website azolla.id berbasis medium interaktif, film, yang didedikasikan untuk UMKM Azolla Klaten sebagaibagian dari upaya membantu UMKM Azolla Klaten berkembang. Website ini digunakan sebagai salah satumedia informasi sekaligus wadah promosi UMKM Azolla Klaten. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorongUMKM Azolla di Kajen, Klaten dalam merespons menjamurnya pemanfaatan media digital saat ini. Websiteini rencananya digunakan untuk mendukung promosi UMKM di area terpencil agar eksistensinya tetapbertahan, produknya tetap dikenal masyarakat luas, sekaligus mendukung ruang pendidikan bagi mahasiswadengan rumpun ilmu sejenis. Metode direct-practice diterapkan guna memaksimalkan perancangan websiteinteraktif. Hasil pengabdian kepada masyarakat (abdimas) menunjukkan bahwa website azolla.id tampakefektif untuk mendorong kemajuan UMKM daerah sekaligus dapat mendorong kebijakan ekonomi kreatifmasyarakat desa. Website ini memudahkan viewer dalam melihat produk UMKM, proses budi daya, danpemanenan azolla. Pembuatan website dan konten di dalamnya juga membantu menuntaskan problemmasyarakat, salah satunya problem yang dihadapi UMKM Azolla ini dalam bidang promosi media UMKM.

 

The azolla.id website is specifically designed to support Azolla MSME. This MSME is located in Klaten. Sincethe MSME products are highly potentioal to be widely spread, the website serves as an informational platformand promotional forum for Azolla. The website is designed to facilitate the promotion of Micro, Small, andMedium Enterprises (MSMEs) specifically in distant locations. Morover, it aims to ensure the sustainability ofthese enterprises, introduce the products to the wider community, and provide an educational platform forstudents with similar expertise. The program of creating the website content leads to a result that azolla.idwebsite effectively promotes regional MSME’s advancement and fosters innovative economic strategies in ruralregions. Developing a website and its content can effectively address community issues, such as the challengesfaced by Azolla in promoting their businesses through MSME media.


Keywords


website interaktif, media promosi, UMKM Azolla, film

Full Text:

PDF

References


Awlia. (2019). Studio Tugas Akhir Pusat Komunitas Pengrajin Sepatu Cibaduyut. Doctoral dissertation: Universitas Komputer Indonesia.

Bappenas. 2023. SDGs Knowledge HUB diakses dari https://sdgs.bappenas.go.id/ pada 4 Mei 2024 pukul 13.11

Priyanto. (2019). Membangun Brand Destination Kampung Rajut Binong Jati Sebagai Tujuan Wisata Belanja Produk Rajutan di Kota Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 31-43.

Robiah. (2018). Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Ekonomi melalui Kualitas Home Industry di Sentra Home Industry Cibaduyut Kelurahan Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Bandung: Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Salsabila, S. S., Sintowoko, D. A. W., & Wiguna, I. P. (2023). Konstruksi Women Empowerment pada Film" Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak". Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 19(2), 105-119.

Sintowoko, D. A. W. (2022). Mood Cues dalam Film Kartini: Hubungan antara Pergerakan Kamera dan Emosi. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 18(1), 1-16.




DOI: https://doi.org/10.24821/jps.v5i1.12585

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License ISSN 2774-4787 (online) dan ISSN 2809-3380 (cetak).

View My Stats