Layanan Referensi Virtual Sebagai Strategi Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pademi covid-19 datang secara tiba-tiba dan telah merubah semua sisi kehidupan, kebijakan dan pembatasan yang diterapkan diberbagai negara menjadikan manusia mengurangi interaksinya dengan manusia lain, hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penularan virus covid-19. Kebijakan pemerintah Indonesia meniadakan pembelajaran tatap muka baik tingkat universitas maupun sekolah-sekolah dan menggantinya dengan pembelajaran online/daring membuat penurunan kunjungan dan pemanfaatan perpustakaan oleh pemustaka. Dengan kenyataan tersebut diperlukan sebuah strategi agar perpustakaan khususnya perpustakaan perguruan tinggi tetap bisa berperan sebagai jantung perguruan tinggi. Salah satu strategi layanan yang bisa dilakukan perpustakaan dimasa pandemi ini adalah dengan cara menyediakan layanan referensi vitual. Layanan referensi virtual merupakan salah satu strategi perpustakaan peguruan tinggi dengan menyediakan layanan referensi secara online sehingga layanan tersebut tetap bisa diakses dimanapun berada tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Layanan ini juga sebagai wujud nyata peran serta perpustakaan perguruan tinggi dalam menerapkan social distancing dan mencegah perpustakaan sebagi klaster penularan baru.
Pandemic covid-19 came suddenly, has changed all sides of life, policies and restrictions applied in various countries make humans reduce their interaction with other humans, it is done to break the chain of transmission of the covid-19 virus. The wisdom of the Indonesian government to eliminate face-to-face learning at both the university and school levels and replace it with online learning makes a decrease in visits and utilization of libraries by the library. With this fact, a strategy is needed so that libraries, especially college libraries, can still act as the heart of the college. One of the service strategies that libraries can do in this pandemic period is to provide virtual reference services. Virtual reference services are one of the strategies of high learning libraries by providing online reference services so that they can still be accessed anywhere in the world.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arya, H. B., & Mishra., J. K. (2012). Virtual Reference Service: Tools and Techniques. Journal of Library & Information Science, 2(1), 102–116.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti. (1994). “Perpustakaan Perguruan Tinggi”: Buku Pedoman. Dirjen Dikti.
Hartono, A. (2021). Pemustaka di Perpustakaan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta Setelah Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. Abdi Pustaka, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5912
Kismiyati, T. (2020). Makalah dipresentasikan dalam webinar 25 Tahun Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Prinsip Layanan Perpustakaan Dimasa Pandemi. 15 September. Jakarta.
Wahyuntini, S., & Endarti, S. (2021). Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. Abdi Pustaka, 1(1), 1–6.
Webtografi
International Federation of Library Associations and Institutions. (2002). IFLA Digital Reference Guidelines. 4 September 2017. https://www.ifla.org/wp-content/uploads/2019/05/assets/reference-and-information-services/publications/ifla-digital-reference-guidelines-en.pdf
Reference and User Services Association. (2010). Guidelines for implementing and maintaining virtual reference services. 2 Desember 2020. http://www.ala.org/rusa/sites/ ala.org.rusa/files/content/resources/ guidelines/virtual-reference-se.pdf
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i2.6009
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).