Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini membahas pemanfaatan layanan perpustakaan kaitannya dengan prestasi akademis mahasiswa di FSMR ISI Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan layanan perpustakaan terhadap pencapaian prestasi akademis mahasiswa. Metode penelitian yang digundengan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Skala Likert. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa: mahasiswa memanfaatkan layanan perpustakaan sebagian besar untuk meminjam buku, dan mengerjdengan tugas kuliah. Pencapaian IPK mahasiswa cukup tinggi dengan IPK terendah 2.83, tertinggi 3.91, dan rata-rata 3.37. Pemanfaatan layanan perpustakaan mempunyai hubungan positif yang rendah dengan prestasi akademis mahasiswa. Artinya, pemanfaatan layanan perpustakaan tidak berpengaruh signifikan dengan prestasi akademis, besaran pengaruh tersebut adalah 0.1%. Mahasiswa FSMR, sesuai lingkup akademis yang dipelajari, mempunyai akses informasi yang luas sehingga prestasi mereka tidak hanya tergantung pada layanan perpustakaan. Dalam proses pembelajaran mereka dituntut menghasilkan karya akademis yang dipelajari dengan praktek langsung di lapangan. Rekomendasi penelitian agar perpustakaan: secara periodik mengevaluasi kebijdengan terkait layanan disesuaikan dengan kebutuhan, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung pembelajaran mahasiswa, menggiatkan sosialisasi layanan, dan menambah fasilitas yang relevan dengan kebutuhan pemustaka.
This research discusses the utilization of library services related to students' academic achievement at FSMR ISI Yogyakarta. The purpose of research is to find out the utilization of library services to the triumph of academic achievement of students. The research methods used are descriptive with a quantitative approach using the Likert Scale. From the results of this study, it is known that: students use library services mainly to borrow books and do college assignments. Student GPA achievement is relatively high with the lowest GPA of 2.83, highest 3.91, and the average of 3.37. The use of library services has a low positive relationship with students' academic performance. The utilization of library services has no significant effect on academic achievement; the amount of influence is 0.1%. FSMR students, according to the intellectual scope studied, have access to extensive information so that their accomplishments are not only dependent on their achievements.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiawan. 2018. Evaluasi Kualitas Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Berdasarkan Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Afiah, Ismah. 2012. Korelasi Antara Potensi Akademik, Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas X Program Unggulan MAN Tambakberas Jombang. Tesis di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. etheses.uin-malang.ac.id. Diakses tanggal 5 Mei 2020.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Ombak, Yogyakarta.
Mardiatuti, Aprilia; Uminurida Suciati; Winarsih. 2019. Pemanfaatan Media Viral untuk Memasarkan Produk dan Layanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Menghadapi Era Industri 4.0 dalam Media Pustakawan Vol.26 No. 3 Tahun 2016, hal. 211-218.
Rodin, Rhodin. 2019. Analisis Kesiapan dan Tantangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Menghadapi Era 4.0 dalam Media Pustakawan Vol. 26, No. 2 Tahun 2019, hal. 82.
DOI: https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5915
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2808-151X (online) dan ISSN 2808-1641 (print).