PENERAPAN TEKNIK VOKAL BELTING PADA LAGU KISAH SEMPURNA KARYA MAHALINI RAHARJA
Abstract
Teknik vokal merupakan suatu cara untuk memproduksi suara yang baik dan efisien, sehingga suara yang keluar dapat terdengar dengan jelas, indah, merdu, nyaring dan tentu memiliki nilai teknik dalam bernyanyi. Beberapa macam teknik dasar vokal meliputi intonasi, resonansi, pernapasan, interpretasi, serta teknik pengembangan seperti head, cheest, mix voice, interpretasi, dinamika dan salah satunya teknik vokal belting. Teknik belting adalah cara memproduksi suara saat bernyanyi dengan resonansi yang tepat dan menghasilkan suara seperti berteriak dengan tegas dan lantang. Penerapan teknik belting pada lagu Kisah Sempurna termasuk cara yang tepat dan efektif dalam proses belajar atau mengembangkan teknik vokal yang baik. Keberhasilan lagu Kisah Sempurna sangat banyak diminati publik, terbukti dengan jumlah penayangan jutaan lebih di media sosial dan Mahalini berhasil mengeksekusi dengan teknik vokal yang tepat yang menjadi arahan bagi para penyanyi untuk dipelajari.Teori ini dapat menjadi landasan untuk mengetahui dan membentuk teknik vokal belting yang benar. Proses eksplorasi yang dilakukan dengan mencari referensi tentang vokal belting, melatih pernapasan hal yang paling utama, melatih resonansi yang diantaranya head, chest, dan mix voice juga mengetahui ciri dan karakterisitik belting untuk mendapatkan hasil power vokal yang maksimal. Kesimpulan yang dihasilkan, penerapan teknik vokal belting memiliki ketertarikan yang sangat efektif untuk menambah wawasan dalam bernyanyi, berbagai pengetahuan seperti latihan yang diperlukan, menguasai konsep teknik vokal belting, tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum melakukan teknik belting, dan memahami konsekuensi ketika tidak melakukan teknik vokal belting dengan baik dan benar.
Kata Kunci: teknik vokal, belting, Kisah Sempurna
Application Of Vocal Belting Techniques To Songs Mahalini Raharja "Kisah Sempurna".
Vocal technique is a way to produce a good and efficient sound, so that the sound that comes out can be heard clearly, beautifully, melodiously, loudly and of course has the value of technique in singing. Some basic vocal techniques include intonation, resonance, breathing, interpretation, as well as development techniques such as head, cheest, mix voice, interpretation, dynamics and false the only vocal belting technique. The belting technique is a way of producing sounds when singing with the right resonance and producing sounds such as shouting firmly and loudly. The application of belting techniques to Kisah Sempurna songs is an appropriate and effective way in the process of learning or developing good vocal techniques. The success of the song Kisah Sempurna is in great demand by the public, as evidenced by the number of views of millions more on social media and Mahalini successfully executing with the technique of proper vocals that become a direction for the singers to learn. This theory can be the basis for knowing and shaping the correct vocal belting technique. Proses exploration is done by finding references to vocal belting, training breathing the most important thing, training resonance which includes head, chest, and mix voice also knows the characteristics and characteristics of belting to get maximum vocal power results. In conclusion produced, the application of vocal belting techniques has a very effective interest in adding insight in singing, various knowledge such as necessary exercises, mastering concepts Vocal belting technique, the stages performed before performing the belting technique, and understand the consequences when not performing the vocal belting technique properly and correctly.
Keywords: vocal technique, belting, Kisah Sempurna
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar, Nur Fardilla Nadia. (2018). Mengkaji Stail Nyanyian Saloma Daripada Perspektif Teknik Vokal Klasikal Barat: Penggunaan Vokal Register
Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Budidharma, Pra. (2001). Metode Vokal Profesional. Jakarta: Elex Media. Komputindo
Hendrix, R. (2013). How To Sing Like A Great Singers. Prancis: France. Jurnal Ilmiah
McCoy, Scott. (2007). A Classical Pedagogue Explores Belting. Journal of Singing Volume 63, No. 5, pp. 545-549
Popeil, Lisa. (2008). The Multiplicity of Belting. Journal of Singing vol 64, No. 1, pp. 77-80
Rudy, MY. 2008. Panduan Olah Vokal. Jakarta: Media Pressindo
Sadolin, Cathrine. (2000). Complete Vocal Technique. Denmark. Aabenraa Bogtrykkeri. Denmar
Sandgren, M. (2005). Becoming and Being An Opera Singer: Health, Personality, and Skills. Stockholm” Stockholm University. Jurnal Ilmiah.
Sinaga, Theodora. (2018). Dasar-dasar Teknik Bernyanyi Opera. Journal of Arts and Culture Vol 2, No 2
Spivey, Norman. (2008). Music Theater Singing Lets Talk. Part 2: Examining the Debate on Belting. Journal of Singing vol 64, No. 5, pp. 607-614
Sundberg, Johan, Margareta Thalen, and Lisa Popeil. (2012). Substyles of Belting: Phonatory and Resonatory Characteristics. Journal of Voice Volume 26, Issue 1, Pages 44-50..
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA