Metode Demonstrasi dan Imitasi pada Tari Golèk Ayun-Ayun di Perkumpulan Tari Krida Beksa Wirama Yogyakarta
Abstract
Perkumpulan tari KridaBeksa Wirama Yogyakarta terbuka untuk umum. Di perkumpulan tari ini salah satu materi yang diajarkan yaitu tari Golèk Ayun-Ayun. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode demonstrasi dan imitasi yang diterapkan pada tari GolèkAyun-Ayun. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi hasil wawancara. Sumber data sekunder meliputi foto-foto latihan di perkumpulan tari dan video yang terkait dengan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Setelah itu data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan tahap pengumpulan data, pengolahan, analisis, dan dibentuk secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan imitasi secara konsisten terbukti efisien dan efektif. Hal tersebut berdampak pada prestasi dan unjuk kerja peserta didik pada tari Golèk Ayun-Ayun di perkumpulan tari Krida Beksa Wirama Yogyakarta.
Kata kunci: Tari Golek Ayun-Ayun, Krida Beksa Wirama, Pembelajaran Tari, Metode Demonstrasi, Metode Imitasi
The Implementation of Learning Method Toward New Creation Dance ini Arum Sari Dance Studio Magelang
Krida Beksa Wirama Yogyakarta dance association which is open to the public. In this dance association, one of the materials taught is the Golèk Ayun-Ayun dance. The aim of this research is to identify and describe the demonstration and imitation methods applied to the Golèk Ayun-Ayun dance. Research using descriptive qualitative research methods. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Primary data sources include the results of interviews. Secondary data sources include photos of practice in dance clubs and videos related to the learning process. Data collection techniques were carried out by means of observation and interviews. Then the data is validated using source triangulation techniques. The data obtained were analyzed using qualitative analysis with the stages of data collection, processing, analysis, and forming systematically. The results showed that the application of demonstration and imitation methods consistently proved to be efficient and effective. This has an impact on the achievement and performance of students in the Golèk Ayun-Ayun dance at the Krida Beksa Wirama dance association, Yogyakarta.
Keywords: Golek Ayun Ayun Dance, Krida Beksa Wirama, Dance Learning, Demonstration Method, Imitation Method
Full Text:
PDFReferences
Abdul, G. (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dewi, G. D. K., Sarjiwo, & Indrawati, A. (2021). Metode Pembelajaran Tari Rumeksa di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(1), 40–47. Retrieved from https://doi.org/10.24821/ijopaed.v1i1.4919
Djamarah, B. dan Aswan Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail, M. I. (2021). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Gerungan, W. A. 1996. Psychologi Sosial. Bandung: PT. Eresco.
Jazuli, M. (2008). Manajemen Produksi Seni Pertunjukan. Yogyakarta: Yayasan Lentera Budaya.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Adikarya.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.
Sudjana, N. (2012). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.
Supardjan, S. (1982). Pengantar Pengetahuan Tari. Jakarta: CV Sandang Mas.
Soetrisno, T. (1979). Studi Permulaan Mengenai Tari Klasik Gaya Yogyakarta, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Lembaga Pengkajian Kebudayaan Indonesia.
Widiyoko, P. E. (2018). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA