Analisis Semiotika Lagu “Hey Jude” Karya The Beatles
Abstract
“Hey Jude” adalah single terlaris dari The Beatles yang berhasil mendunia dan menghibur banyak penikmat musik. Hal ini dapat memunculkan pertanyaan yang berhubungan dengan makna lagu yang mendunia tersebut. Oleh karena itu, peneliti memilih untuk melakukan penelitian yang berjudul “Kajian Semiotika Lirik dan Instrumental pada Lagu “Hey Jude” Karya The Beatles”. Tujuan peneliti dalam memilih topik tersebut adalah untuk mendapatkan pemahaman mengenai makna yang terdapat dalam lagu “Hey Jude” yang tidak hanya memberikan makna lagu tersebut, tetapi lebih dilengkapi dengan penjelasan hubungan antara makna lagu dengan lirik dan hal-hal lain yang terdapat dalam struktur lagu tersebut. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan objek formal yaitu penelitian semiotika lagu “Hey Jude”, dan objek primer yaitu lagu “Hey Jude”. Teori/konsep yang akan digunakan dalam penelitian adalah teori analisis bentuk musik Leon Stein, teori musik Benward, dan teori semiotika Saussure. Inti dari teori yang akan digunakan adalah Sound-Image (Signifier) dan Concept (Signified). Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna dari lagu “Hey Jude” adalah sebuah upaya untuk menghibur seseorang yang sedang mengalami kesulitan dalam hidupnya. Penulis lagu meminta seseorang yang disebut dengan nama “Jude” untuk selalu berusaha dan tidak memendam kegelisahannya. Penelitian ini dapat membantu dalam pemahaman mengenai bagaimana penelitian semiotika dapat membantu dalam memahami makna karya seni musik.
Full Text:
PDFReferences
Al Umman, K. Z. (2015). Ferdinand De Saussure: Structuralism and his role in modern linguistics. LISANUDHAD: Jurnal Bahasa, Pembelajaran dan Sastra Arab, 2(1).
Benward, B. (2018). Music in Theory and Practice vol. 2. London, United States: McGraw Hill Higher Education.
Campion, J. (2022). Take a Sad Song: The Emotional Currency of “Hey Jude”. Hesmondhalgh, D. (2013). Why music matters. John Wiley & Sons.
Harbi, S., Jabar, M. S. A., Nor, A. N. M., & Isa, N. M. (2019). ‘Hey, Jude! I Wanna Hold Your Hand’: Transitivity Process Analysis on Popular Songs by The Beatles. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 45-54.
Hambali, A. M. (2020). Analisis Majas Simile dan Majas Metafora pada Lirik- Lirik Lagu The Beatles Kajian Semantik.
Ishar, R., & Irawan, A. M. (2023). Semiotic Analysis of The Denotative and Connotative Meaning on The Beatles’ Songs Lyrics. English Language and Literature, 12(1), 152-167.
Noth, W. (1990). Handbook of semiotics.
Petrie, K. J., Pennebaker, J. W., & Sivertsen, B. (2008). Things we said today: A linguistic analysis of the Beatles. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 2(4), 197.
Qin, Y. (2022). The original music artists and their music I love-The Beatles. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit Alfabeta Bandung.
Stein, L. (1999). Anthology of Musical Forms-Structure & Style (Expanded Edition): The Study and Analysis of Musical Forms. Alfred Music.
Samarotto, F. (2012, November). The Trope of Expectancy/Infinity in the Music of the Beatles and Others. In annual meeting of the Society for Music Theory, New Orleans, LA.
Sahid, N. (2016). Semiotika untuk teater, tari, wayang purwa dan film.
DOI: https://doi.org/10.24821/idea.v19i1.14826
DOI (PDF): https://doi.org/10.24821/idea.v19i1.14826.g4155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan
ISSN 1411-6472
Published by Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Website: https://journal.isi.ac.id/index.php/IDEA